Peran Ayah Untuk Kecerdasan Anak

 

, Peran Ayah Untuk Kecerdasan AnakAyah hebat itu bukan hanya bisa mencari uang di luar rumah. Sebaliknya ada banyak pekerjaan yang berhubungan dengan anak terkait anaknya. Ayah berperan dalam menumbuhkan rasa percaya diri, kompeten, hasrat ingin berprestasi, dan bercita-cita tinggi dalam diri seorang anak.

Menumbuhkan Perasaan percaya diri dan kompetensi

Ayah bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan komptensi pada anak melalui permainan yang bersifat “kasar” yang melibatkan aktifitas fisik, baik didalam maupun di luar ruangan. Selain itu biasanya ayah tidak terlalu mengekang keleluasaan bergerak anak. Sehingga anak dapat bergerak bebas dan aman. Anak pun tidak takut untuk mencoba , karena umumnya ayah tidak terlalu khawatir saat anak menemui kesalahan/kegagalan. Tetapi akan memotivasi anak untuk bangkit kembali.

Menumbuhkan hasrat berprestasi pada anak

Ayah bisa mebawa peran ini melalui kegiatan pengenalan berbagai jenis pekerjaan dan kisah tentang cita-cita. Bisa lewat pura-pura semisal menjadi dokter-dokteran, polisi, tentara , pilot dll. Bisa juga lewat dongeng dan bacaan-bacaan tentang profesi tersebut. Mengajak anak ke kantor, melihat bagaimana ayah bekerja, berdiskusi tentang tokoh2 idola yang berhasil dsb. National Parent Teacher Association (2002) yang mengolaborasi hasil-hasil penelitian selama 30 tahun, menyimpulkan, peran ayah mendorong anak giat belajar sehingga prestasi akademiknya lebih tinggi.

Mengajarkan peran tentang jenis kelamin

Peran ayah terhadap anak laki-laki bisa dibilang sangat vital, karna si buyung akan belajar bagaimana menjadi seorang laki-laki, bertingkah laku seperti laki-laki, dan berpikir layaknya laki-laki dari figur ayahnya termasuk bagaimana harus bertanggung jawab dan melindungi keluarga. Gambaran ayahnya akan terbawa saat ia menjadi ayah kelak . Sementara anak perempuan akan belajar hal-hal yang biasanya lebih dominan pada laki-laki seperti ketegasan, berfikir rasional, disiplin, mengontrol emosi, dsb. Biasanya figur ayah yang “Sempurna” dimata anak perempuan akan terbawa hingga dewasa,bahkan ketika mencari jodoh, sedikit banyaknya dia akan menggunakan referensi ayahnya untuk mencari sosok lelaki ideal. [bunda cermat]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.