Perhatikan Makanan dan Minuman di Waktu Lebaran (2-Habis)

, Perhatikan Makanan dan Minuman di Waktu Lebaran (2-Habis)

Ambil sedikit saja kuah sayur yang bersantan
Jika lauk atau sayur yang tersedia dimasak dengan kuah santan, ambil sedikit saja kuah, misalnya satu sendok sayur. Jangan sampai ketupat terendam di dalam kuah. Ingat, masakan bersantan banyak mengandung kolesterol.

Perhatikan cara makan Anda
Makanlah secara perlahan (jangan terburu-buru mengunyah) dan bila memungkinkan gunakan piring kecil untuk membatasi jumlah makanan yang Anda ambil. Kemudian, jangan datang ke meja makan lebih dari satu kali. Pastikan Anda memang makan karena lapar, bukan sekedar “lapar mata” melihat hidangan menggiurkan yang tersedia.

Jika ingin menikmati camilan ringan
Setelah makan ketupat lengkap dengan lauk dan sayur, sebaiknya Anda tidak langsung menyantap kue-kue atau minuman yang manis-manis. Beri jeda paling tidak 15 menit. Atau Anda bisa menikmati camilan ringan di tempat lain bila masih ada yang harus Anda kunjungi. Jika ingin makan kue-kue kering, cukup ambil 1 – 2 potong saja. Jika ingin makan cake, ambillah 1 potong yang kecil dan tinggalkan krim kue yang terbuat dari margarin yang kaya lemak. Akan lebih baik memilih buah-buahan segar yang disuguhkan daripada memilih kue-kue sebagai camilan.

Konsumsi jenis protein yang berbeda pada jam makan yang berbeda
Bila malam hari masih pergi ke rumah saudara atau handai taulan, pilihlah protein yang berbeda dengan tadi siang. Jika tadi siang sudah makan daging sapi, malamnya pilihlah telur atau daging ayam.

Kembali ke pola makan sehat dan olahraga pasca lebaran
Setelah lebaran berlalu, kembalilah ke pola makan sehat dan seimbang. Kurangi jumlah makanan dan batasi makanan yang telah banyak disantap saat lebaran. Yang tidak kalah penting adalah olahraga untuk membakar asupan kalori selama lebaran. [Sumber: intisari]

HABIS

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.