Perhatikan Rating Ketika Memilih Film Anak

, Perhatikan Rating Ketika Memilih Film AnakDi zaman seperti sekarang ini, mau tidak mau kita harus selektif dalam memberikan izin menonton pada anak-anak. Utamanya soal film.  Nah, bagaimana memilih film yang tepat untuk anak-anak? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat pertama kali memilih sebuah film adalah ratingnya. Pada poster atau sampul film, biasanya tuliskan rating dalam bentuk kode huruf dan angka. Agar Anda tidak bingung, ini dia panduan rating yang harus Anda ingat agar tidak salah memilih film untuk buah hati.

G : Simbol rating ini menunjukkan bahwa film tersebut bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Termasuk balita.

PG : Film dengan rating ini bisa dinikmati segala usia, tetapi perlu didampingi oleh orang tua saat menonton karena kemungkinan film sedikit adegan kekerasan, adegan seksual , dan kata-kata yang mengacu pada keduanya.

PG – 13 : Hanya anak di atas usia 13 tahun yang boleh menonton film tersebut, serta diperlukan bimbingan orang tua saat menonton. Film dengan rating ini kemungkinan besar akan berisi adegan kekerasan dan adegan seksual yang lebih jelas dibandingkan film dengan rating PG . Penggunaan obat terlarang dan minuman beralkohol bisa masuk dalam film rating ini.

R : Film dengan rating ini tidak ditujukan untuk anak-anak atau remaja. Kemungkinan film ini berisi pria atau wanita yang melepas pakaiannya , kekerasan fisik yang jelas, kata-kata kasar/kotor dan provokatif, serta penggunaan obat-obatan terlarang sangat jelas dipertontonkan.

NC-17 atau 17+ : Film dengan rating ini kemungkinan besar berisi adegan hubungan seksual, adegan kekerasan yang mengacu pada kekejaman yang sadis serta kata-kata kasar dengan unsur kekerasan. Jauhkan anak-anak dari film dengan rating ini.

Untuk rating, setiap negara memiliki aturan tersendiri. Misalnya saja di Amerika Serikat film A diberi rating G, tetapi bisa saja ketika masuk ke Indonesia diberi rating PG, sehingga Anda harus sangat cermat melihat rating yang diberikan. Dan yang harus Anda perhatikan adalah, tidak semua film yang lulus badan sensor bisa ditonton oleh anak-anak, selalu pilih rating yang diberikan badan sensor Indonesia. [berbagai sumber]

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.