Apa Itu Qana’ah dan Tasamuh?

0

Perilaku terpuji adalah perilaku yang positif dan memiliki manfaat yang luar biasa. Di bawah ini adalah beberapa contoh perilaku terpuji yaitu qana’ah dan tasamuh.

Qana’ah artinya rela menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki, serta menjauhi diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang yang berlebihan.

Qana’ah bukan berarti hidup bermalas-malasan, tidak mau berusaha sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Justru orang qana’ah itu selalu giat berusaha dan bekerja, namun apabila hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, ia akan tetap rela hati menerima hasil tersebut dengan rasa syukur kepada Allah. Sikap yang demikian itu akan mendatangkan rasa ikhlas dalam hidupnya dan jauh dari sifat tamak.

Adapun pengertian tasamuh menurut bahasa artinya toleransi, tenggang rasa atau saling menghargai. Menurut istilah tasamuh artinya suatu sikap yang senantiasa saling menghargai antara manusia.

Sesuai dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial, kita saling membutuhkan satu dengan yang lain. Dengan demikian perlu ditumbuhkan sikap toleransi untuk saling menutupi kekurangan masing-masing. Islam mengajarkan supaya sesama muslim bersatu.

Fungsi toleransi dalam kehidupan antara lain :

-Dapat menciptakan kedamaian dan ketentraman dalam hidup bermasyarakat;
-Dapat menimbulkan sifat saling hormat-menghormati antar sesama;
-Dapat menciptakan keharmonisan dalam masyarakat dan tidak saling bermusuhan. [dp]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline