Perlukah Bimbel Untuk Ujian Nasional ?

0

Bimbel atau bimbingan belajar adalah lembaga yang menyediakan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Bimbel yang ada saat ini menyediakan pelajaran tambahan bagi siswa SD,SMP, dan SMA. Bimbel banyak ditawarkan saat-saat ujian sekolah telah tiba terutama menjelang Ujian Nasional. Bimbel dinilai dapat meningkatkan prestasi belajar dari siswa.

Salah satu program bimbel yang paling banyak peminatnya adalah program untuk menghadapi ujian nasional.  Sudah diketahui bahwa ujian nasional adalah akhir dari segala macam ujian yang sudah kita hadapi di sekolah. Ujian nasional merupakan salah satu faktor utama dari sekian banyak faktor yang menentukan kelulusan seseorang.

Hal tersebut membuat siswa semakin gencar mencari bimbingan belajar yang khusus menyediakan program ujian nasional. Bimbel semakin terkenal saat banyak sekali iklan dari siswa berprestasi yang ada di brosur atau spanduk bimbel yang bersangkutan tersebut.

Perlukah Bimbel untuk Ujian nasional

Perlu Atau Tidaknya Bimbel Untuk Menghadapi Ujian Nasional

 

Di indonesia salah satu faktor yang paling menentukan keberhasilan siswa adalah nilai yang tercermin dalam rapot dan ijazah siswa tersebut. orang tua menganggap bahwa nilai yang tinggi akan membuat anaknya berhasil kelak, padahal anggapan tersebut sebenarnya salah. Karena keberhasilan seseorang tidak di tentukan oleh nilai rapot dan nilai kelulusan seseorang.

Hampir semua bimbel saat ini menyediakan program khusus untuk ujian nasional. Biasanya bimbel tersebut menyediakan kisi-kisi dan soal-soal untuk menghadapi ujian nasional. Soal-soal tersebut merupakan soal-soal yang muncul di dalam UN tahun sebelunya.

Bimbel semakin diminati oleh para pelajar dan siswa saat menyediakan program yang memiliki rumus-rumus singkat, mengerjakan soal secara praktis dan cepat, serta tips dan trik khusus yang tidak diketahui siswa lain. Bukan hanya itu saja di dalam bimbel kita dapat menanyakan materi yang kurang dipahami di sekolah.

Selain sisi positif, bimbel juga memiliki sisi negatif, seperti membuat siswa kurang kreatif dalam mengerjakan soal. Karena di dalam bimbel siswa diajarkan cara yang singkat dan simpel, sehingga membuat siswa tersebut menjadi kurang kreatif dan kurang bisa bereksplorasi dalam mengerjakan soal. Selain itu siswa juga menjadi terpaku pada cara mengerjakan soal yang singkat dan simpel.

Sebaiknya perlu pemikiran yang kritis untuk menentukan apakah bimbel sangat diperlukan untuk menghadapi ujian nasional atau tidak. Sebaiknya bimbel dikondisikan pada situasi yang tepat. Karena faktor bagus atau tidaknya nilai dan lulus atau tidaknya siswa bukan hanya ditentukan oleh bimbel semata.

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline