PKA, KB Tanpa Pil atau Alat Apapun

0

 

ibu hamilSelama ini pasangan suami istri sibuk mencari cara mengatur kehamilan. Ber-KB, sebagian orang merasa was-was akan hukum syar’i soal ini. Nah, pernah dengan PKA? Coba pelajari deh.

Metode pencegahan dan perencanaan kehamilan ini tidak melibatkan pil dan alat apapun. Plus ada bonus tambahan yaitu Anda akan lebih mengerti tentang tubuh Anda sendiri.

PKA atau Perencanaan Kehamilan Alami, melibatkan kemampuan untuk mengetahui tanda dan gejala (indikator kesuburan) dari masa subur selama siklus menstruasi, sehingga Anda dapat merencanakan atau menghindari kehamilan.

Keefektifan dari metode ini tergantung pada seberapa hati-hati dalam melakukannya. Jika dilakukan sesuai dengan yang diajarkan dan diinstruksikan, akan menghasilkan efektivitas 98%. Hal ini berarti dengan menggunakan metode ini sebagai kontrasepsi, hanya 2 dari 100 wanita akan hamil dalam satu tahunnya.Akan menjadi sangat efektif jika mengikuti instruksi dari seorang ahli PKA dan memakai patokan lebih dari satu indikator kesuburan.

Sudah tersedia pula beberapa alat untuk memonitor perubahan pada suhu badan, air seni dan ludah. Alat-alat semacam ini punya keefektifan 94%, yang berarti akan ada hanya 6 dari 100 wanita yang akan hamil dalam satu tahunnya.

Bagaimana cara menggunakannya? PKA bekerja dengan mengamati dan mencatat tanda alami yang berbeda dari tubuh Anda atau indikasi kesuburan pada setiap hari dari siklus menstruasi Anda. Indikasi kesuburan yang utama yaitu:

Mencatat suhu badan

Suhu badan Anda akan berubah selama siklus menstruasi akibat pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron. Akan meningkat sedikit setelah proses ovulasi. Dengan mencatat perubahan ini setiap harinya akan menunjukkan kapan ovulasi terjadi.

Mengamati sekresi serviks (lendir serviks)

Jumlah hormon estrogen dan progesteron akan bervariasi selama siklus menstruasi. Hal itu akan mengubah kuantitas, tekstur dan penampilan dari lendir serviks, yang terlihat sebagai sekresi dari vagina. Dengan memetakan perubahan ini akan membantu Anda untuk mengetahui awal dan akhir dari masa subur Anda.

Menghitung berapa lama siklus menstruasi Anda
Dengan mencatat pendek dan panjangnya siklus menstruasi Anda selama 6 bulan akan memberikan Anda suatu patokan panjang dari siklus menstruasi Anda.Dengan mengombinasikan beberapa indikasi kesuburan akan bisa saling dibandingkan dan meningkatkan keefektifan dari PKA.

Mitos dan fakta

Mitos: PKA tidak efektif.
Fakta: Tidak benar, PKA sangat efektif jika dilakukan dengan benar.
Mitos: PKA susah untuk dilakukan.
Fakta: Tidak benar, PKA mudah digunakan begitu Anda telah mendapatkan instruksi yang tepat dan mendapat dukungan yang baik.

Keuntungan:
– Membuat Anda lebih mengetahui masa subur Anda dan membantu Anda untuk merencanakan dan mencegah kehamilan.
– Tidak melibatkan hormon atau alat apapun.
– Tidak ada efek samping apapun secara fisik.
– Sesuai dengan semua kepercayaan dan kebudayaan.
– Dapat membantu untuk mengenali normal atau tidaknya sekresi dari vagina.

Kerugian:
– Perlu waktu untuk mempelajari penggunaan metode ini.
– Anda harus melakukan pencatatan setiap hari.
– Beberapa kasus seperti saat berpergian, sakit, gaya hidup atau stres dapat membuat indikasi kesuburan menjadi sulit untuk diartikan.

Dapatkah digunakan semua orang?
Kebanyakan wanita dapat melakukannya selama mereka mendapatkan petunjuk dan dukungan yang tepat. Metode ini dapat digunakan pada semua tahap reproduksi Anda, berapapun usia Anda.

Akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengenali indikasi kesuburan Anda dan mulai menggunakan PKA jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, atau pada saat tertentu seperti contohnya setelah berhenti menggunakan kontrasepsi hormonal, setelah melahirkan atau ketika mendekati masa menopause. [berbagai sumber]

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline