Puasa Berkualitas, Begini Caranya

0

, Puasa Berkualitas, Begini CaranyaSemakin bertambah usia tentunya puasa kita ingin lebih bermakna dari tahun ke tahun. Kita pasti tidak ingin mendapat amal kebaikan hanya sekedar saja. Oleh karena itu dalam puasa harus diperhatikan hal-hal apa saja yang dapat mengurangi dan menambah pahala puasa kita.

Jika seseorang ingin memiliki kualitas puasa yang lebih baik, bisa dilakukan sunah puasa seperti berikut ini:

1. Mengakhirkan makan sahur
Makan sahur sunnah dilaksanakan pada akhir waktu dimulainya puasa. Seseorang tidak mendapatkan pahala sunnah jika melakukan sahur 2 jam sebelum imsak. Minimal 30 menit sebelum imsak itu termasuk sahur yang diakhirkan.

2. Menyegerakan berbuka puasa
Jika waktu maghrib sudah masuk maka disunnahkan bagi kita untuk segera berbuka. Jika seseorang sedang dalam perjalanan kemudian datanglah waktu berbuka, maka ia bisa berhenti dulu sebentar sekedar membatalkan puasa. Mengingat hal yang demikian jika dilakukan adalah sunnah. Sebagaiman sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari & Muslim)

3. Memperbanyak amal kebaikan
Bulan penuh berkah ini merupakan moment yang penting bagi umat Islam. Pada bulan Ramadhan amalan dilipatgandakan. Dan hal itu tidak terjadi pada bulan yang lain. Maka gunakanlah untuk memperbanyak amal kebaikan terutama shalat lima waktu, shalat sunnah, menunaikan zakat, bersedekah, membaca Al-Qur’an, berdzikir dan lain sebagainya.

4. Berdoa saat berbuka
Saat waktu berbuka tiba, kita disunnahkan untuk berdoa. Berdoalah sesuai keinginan pada saat berbuka. Karena itu adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi)

5. Berbuka dengan kurma segar
Pada saat berbuka disunnahkan untuk berbuka dengan kurma segar. Jika tidak ada diganti dengan kurma kering, jika tidak ada maka bisa dengan air putih saja. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw, “Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci.”

Dari Anas bin Malik ia berkata : “Adalah Rasulullah berbuka dengan Rutab (kurma yang lembek) sebelum shalat, jika tidak terdapat Rutab, maka beliau berbuka dengan Tamr (kurma kering), maka jika tidak ada kurma kering beliau meneguk air. (HR : Ahmad dan Abu Dawud)

Itulah beberapa hal yang dapat memperbaiki kualitas puasa kita. Semoga tahun ini kita mendapat keberkahan yang luar biasa. [abualifa/muslim/bulletin]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline