Puasa yang Dilakukan Sebelum Idul Adha

0

Selain puasa wajib di bulan ramadhan ada beberapa jenis puasa sunnah yang dapat dilakuka di hari-hari tertentu. Puasa tersebut adalah puasa yang mendapatkan pahala jika dikerjakan dan boleh juga tidak dikerjakan. Nah, salah satu puasa sunnah yang dapat Anda kerjakan adalah puasa sebelum Idul Adha. Puasa tersebut biasanya dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tanggal 9 Dzulhijjah disebut juga hari arafah. Pada hari ini sangat baik melaksanakan ibadah puasa dan memiliki beberapa keutamaan jika melakukannya. Hari arafah memiliki beberapa keutamaan. Pada hari tersebut, umat Islam yang melaksanakan ibadah haji sedang berada di padang arafah untuk melakukan kegiatan wuquf. Pada hari ini, umat Islam yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji juga disunnahkan melakukan ibadah puasa. Selain puasa, memperbanyak dzikir dan doa juga dianjurkan.

Tentang Puasa Sunnah Idul Adha

Puasa pada saat hari arafah yaitu satu hari sebelum Idul Adha adalah puasa yang disunnahkan untuk umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji. Setelah melakukan puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah atau hari arafah, maka keesokan harinya, kita melaksanakan ibadah shalat id. Sebelum melaksanakan shalat, kita dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu. Baru setelah selesai melaksanakan shalat, kita dapat menyantap makanan. Kadang ada yang menyebut hal tersebut sebagai puasa. Melaksanakan puas di hari raya Idul Adha dan 3 hari setelahnya adalah haram. Tidak makan sebelum shalat id bukan berarti kita melakukan puasa karena setelah selesai shalat kita dapat makan seperti biasa. Ada berbagai sunnah yang dapat Anda lakukan dalam menyambut Idul Adha. Salah satunya dengan berpuasa satu hari sebelum Idul Adha. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut, insyaallah Anda akan mendapatkan pahala dari ibadah sunnah yang Anda lakukan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai puasa sunnah yang dilakukan sebelum Idul Adha. Dalam menyambut hari raya ini, melakukan puasa di hari arafah akan sangat baik. Selain itu, mempersiapkan hewan kurban yang terbaik juga menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan. Dengan melakukan ibadah kurban pada saat hari raya Idul Adha, ada banyak keutamaan yang akan diperoleh diri sendiri dan masyarakat sekitar.

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline