Punya Banyak Buku, Yuk Rapikan, Begini Caranya

0

, Punya Banyak Buku, Yuk Rapikan, Begini CaranyaPunya banyak koleksi buku di rumah terkadang membuat kita kesulitan untuk mencarinya. Hal tersebut dikarenakan kita kurang menata atau merapikannya. Koleksi buku yang ada di rak seharusnya ditata dengan baik agar terlihat rapi dan menarik. inilah 4 cara cerdas menata rak buku:

1. Memilah-milah Buku

Buku-buku yang akan diletakkan di rak Anda harus memilah-milah terlebih dahulu. Kosongkan dahulu rak buku Anda dan pikirkan apakah rak buku tersebut mampu menampung semua buku-buku Anda atau tidak. Setelah itu, pilihlah buku-buku yang sudah tidak dibaca lagi. Misalnya, buku saat ,asih kanak-kanak atau buku yang sudah rusak. Anda bisa menjual atau memberikannya kepada orang lain.

2. Membuat Kategori

Setelah Anda memilih buku mana saja yang akan diletakkan di rak, sekarang saatnya untuk membuat kategori. Anda bisamembuat kategori berdasarkan pengarang vatau penulis, berdasarkan kategorifiksi atau non-fiksi, dan kategori lainnya. Tujuan membuat kategori adalah untuk memudahkan Anda saat mencarinya. Selain itu, penataan buku juga lebih terlihat teratur.

Baca Juga

3. Perhatikan Tata Letaknya

Untuk tata letak buku, Anda harusmeletakkan buku berat di bagian bawah dan buku yang lebih ringan di bagian atas. Setelah itu, mulailah menata buku secara vertikal. Hadapkan bagian pinggir buku ke depan sebingga Anda bisa membaca judul buku dengan jelas.

4. Membersihkan Secara Teratur

Setelah semua buku-buku yang Anda miliki sudah tertata dengan baik, jangan lupa juga untuk rajin membersihkannya. Anda bisa menggunakan vacum cleaner kecil untuk menghilangkan debu-debu yang menempel di buku dan rak. Dengan rajin membersihkannya, buku dan rak buku tersebut tetap terjaga kebersihannya dan Anda pun merasa nyaman jika ingin membacanya.

Tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat… [Sumber: ciricara.com]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.