Punya Gigi Sehat Itu Gampang

 

, Punya Gigi Sehat Itu GampangCiri-ciri orang dunia ketiga, salah satunya adalah agak bermasalah jika menyangkut kesehatan secara oral. Maksudnya apa ya? He he he, jujur saja, gigi kita tuh kebanyakan tidak sehat-sehat amat.  Kalau warnanya yang tidak putih-putih amat, atau bau mulut yang rada gimanaaa gitu, he he he….  Maklum sajalah, kita sedari kecil juga jarang sekali dibiasakan menggosok gigi dengan teratur.

Asal tahu saja, mulut kita sebenarnya sumber penyakit paling lengkap. Konon, bakteri-bakteri kecil hidup berkoloni serta tinggal silih breganti di bagian mulut kita, dari gigi, gusi, bibir dan lidah. Meski menggosok gigi tiap hari, sama sekali tidak menjamin berhasil mengangkat seluruh bakteri.

Jadi tidak heran kalau bagi mereka yang malas menjaga kebersihan gigi kerap kali terjangkit si sakit gigi. Iyalah, yang rajin saja masih juga kena, apalagi yang malas-malasan? Pada dasarnya, tergantung masing-masing orang untuk melakukan usaha menyelamatkan gigi dari penyakit dan membuatnya tetap bersinar.

Untuk Kesehatan Gigi

Makan kacang-kacangan penuh setiap hari, seperti beras merah, oatmeal, dan roti gandum bukannya biji-bijian murni, seperti roti putih dan nasi. Makan sayur-sayuran sehat, termasuk yang berwarna hijau dan buah-buahan yang berwarna oranye.

Makan Berbagai Jenis Buah

Buah-buahan is the best! Semua jenis makanan ini memiliki gula alami, tapi kandungan air alami di dalam buah-buahanbener-bener mencairkan efek dari gula dan nggak ada yag bsia menggantikannya. Kurangi mengonsumsi soft drink, atau minuman yang memiliki kandungan gula lainnya, seperti teh atau kopi sepanjang hari.

Mencegah Kerusakan Gigi

Batasi antara makan dan ngemil. Makanan yang sangat asam bisa menyebabkan 
demineralisasi (hilangnya zat garam secara berlebihan) dan erosi pada gigi. Gosoklah gigi setelah makan seengak-enggaknya sehari dua kali. Mengunyah permen karet tanpa gula yang mengandung xylitol (gula alami) dapat membantu mengurangi risiko gigi berlubang.  []

 

 

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.