Resep Segar Asinan Buah Bogor

Indonesia terkenal akan kulinernya yang begitu beragam. Salah satunya adalah asinan buah. Asinan buah yang khas dari Bogor atau Betawi akan menggunakan kuah pedas. Asinan Bogor biasanya akan menggunakan bumbu kuah cuka yang citarasanya asam, pedas serta manis dengan taburan kacang goreng. Kuah asinan yang sederhana ini sangat segar dan menggunakan terasi untuk rasa gurihnya. Sementara asinan Betawi menggunakan kuah bumbu kacang yang akan memberikan citarasa tersendiri. Keduanya merupakan bagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang sangat beragam serta harus kita lestarikan.

 

Yang akan dibahas di sini adalah asinan buah Bogor dengan kuah asam pedas manis sehingga benar-benar menyegarkan. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut.

  1. Mangga muda 100 gram, kupas
  2. Bengkoang 100 gram, kupas
  3. Nanas 100 gram, kupas
  4. Jambu air 100 gram, cuci bersih
  5. Kedondong 70 gram, kupas
  6. Salak 70 gram, kupas
  7. Kacang tahan 100 gram, goreng sampai matang menggunakan minyak
, Resep Segar Asinan Buah Bogor
Asinan Khas Bogor Bikin Ngacay ( Good indonesian food )

Untuk bumbu kuah asinan yang segar, berikut adalah bahan-bahannya.

  1. Cabe merah keriting 3 buah, haluskan
  2. Cabe rawit merah 5 buah, haluskan
  3. Gula pasir 200 gram
  4. Garam satu setengah sendok makan
  5. Asam jawa satu sendok makan
  6. Terasi satu sendok teh, bakar
  7. Cuka dua sendok makan
  8. Air 750 ml

 

Cara membuat asinan buah khas Bogor dengan kuah cuka asam manis ini adalah sebagai berikut.

  1. Potong-potong semua buah sesuai selera. Goreng kacang tanah sampai matang.
  2. Didihkan air, masukkan gula dan garam hingga larut. Masukkan cabe halus, terasi serta asam jawa. Aduk dan masak sampai mendidih agar semua bahan larut. Matikan api dan saring setelah dingin.
  3. Letakkan potongan buah dalam mangkuk lalu tambahkan cuka sambil terus diaduk. Tuangkan kuah yang telah disaring. Aduk rata dan biarkan kuah meresap dalam buah.
  4. Masukkan dalam lemari es dan diamkan selama seharian. Sajikan dingin. Kita bisa membuatnya pada pagi hari untuk dikonsumsi pada sore atau malam harinya saat berbuka puasa.
, Resep Segar Asinan Buah Bogor
Asinan Bogor dalam Sajian parasman

Asinan buah Bogor ini adalah salah satu dari kekayaan kuliner Indonesia. Kita bisa membuatnya untuk menu takjil berbuka puasa atau di hari-hari biasa untuk camilan yang menyegarkan. Karena didiamkan dalam kulkas selama semalaman, maka bumbu kuah akan meresap ke dalam buah dan menyebabkan rasanya menjadi asam, manis dan pedas yang menyatu. Kuah cuka segarnya akan menambah kenikmatan dalam menyantap asinan buah ini. Bahan-bahannya mudah didapat di sekitar kita sehingga bisa dibuat hari ini juga. Demikian resep asinan buah Bogor ini. Kita bisa mendapat resep asinan buah lain di internet untuk dipraktekkan. Selamat mencoba.

, Resep Segar Asinan Buah Bogor
Asinan Bogor di Sajikan Komplit

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.