in

Sarapan Itu Jenderal, Ummi!

Apakah setiap hari Anda sarapan? Pasalnya, seringkali kita mengabaikan sarapan dengan alasan kurangnya waktu, padatnya aktivitas atau bosan dengan menu sarapan yang monoton. Padahal sarapan bukan sekadar untuk mengganjal perut, tetapi juga memberikan energi agar otak bekerja lebih optimal, dapat beraktivitas dengan baik dan tidak cepat mengantuk. Hal inilah mengapa alasan pentingnya sarapan bagi kesehatan tubuh kita. Tentu saja beda halnya jika kita sedang melaksanakan shaum.

Mengisi bahan bakar bagi tubuh adalah hal yang sangat penting bagi siapapun. Jika diibaratkan menurut Dr. Anna Rezkita Andree, dokter di Dinas Kesehatan Purwakarta, sarapan adalah jenderal. “Artinya, Anda boleh tidak makan siang ataupun makan malam, tapi tidak bisa tidak sarapan,” ujarnya kepada tim media rumahkeluarga-indonesia.

Makanan yang kita santap saat sarapan akan menjadi bahan bakar dan memberi kekuatan bagi tubuh untuk melakukan segala kegiatan sepanjang hari. Waktu ideal untuk sarapan adalah 8-10 jam setelah makan malam terakhir. Selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya, antara lain :

▪    Membuat tubuh tidak cepat lelah dalam beraktivitas.

▪    Sarapan dengan makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan rendah lemak akan menjadikan otak lebih waspada dan berpikir lebih cepat.

▪    Dapat memperkuat daya ingat serta konsentrasi, terutama bagi anak-anak usia sekolah.

▪    Mencegah penyakit maag. Dengan sarapan, lambung akan terisi makanan yang akan menetralisir asam lambung penyebab penyakit maag.

▪    Menghindari makan tak terkontrol. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan dapat menghindarkan Anda dari rasa lapar berlebih dan mampu mengontrol jam makan sehingga tidak banyak mengemil snack yang mengakibatkan tubuh melar.

▪    Membuat tubuh lebih langsing. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan pagi mempunyai tubuh yang lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak sarapan pagi.

Nah, Ummi, sudah sarapan kah? []

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Shaum Sunnah Hari Kamis, Yuk!

Begini Cara Menyiapkan Sarapan Praktis