Semua Tentang Ayah (2-Habis)

, Semua Tentang Ayah (2-Habis)16. Ibnul Qoyyim dalam kitab tuhfatul maudud berkata: Jika terjadi kerusakan pada anak penyebab utamanya adalah ayah.

17. Ingatlah! Seorang anak bernasab kepada ayahnya bukan ibu. Nasab yang merujuk pada anak menunjukkan kepada siapa Allah meminta pertanggungjawaban kelak.

18. Rasulullah yang mulia sejak kecil ditinggal mati oleh ayahnya. Tapi nilai-nilai keayahan tak pernah hilang didapat dari sosok kakek dan pamannya.

19. Nabi Ibrahim adalah ayah yang super sibuk. Jarang pulang. Tapi dia tetap bisa mengasuh anak meski dari jauh. Terbukti 2 anaknya menjadi nabi.

20. Generasi sahabat menjadi generasi gemilang karena ayah amat terlibat dalam mengasuh anak bersama ibu. Mereka digelari umat terbaik.

21. Di dalam qur’an ternyata terdapat 17 dialog pengasuhan. 14 diantaranya yaitu antara ayah dan anak. Ternyata ayah lebih banyak disebut.

22. Mari ajak ayah untuk terlibat dalam pengasuhan baik di rumah, sekolah dan masjid.

23. Harus ada sosok ayah yang mau jadi guru TK dan TPA. Agar anak kita belajar kisah Umar yang tegas secara benar dan tepat. Bukan ibu yang berkisah tapi ayah.

24. Ayah pengasuh harus hadir di masjid. Agar anak merasa tentram berlama-lama di dalamnya. Bukan was-was atau merasa terancam dengan hardikan.

25. Jadikan anak terhormat di masjid. Agar ia menjadi generasi masjid. Dan ayah yang
membantunya merasa nyaman di masjid.

26. Ibu memang madrasah pertama seorang anak. Dan ayah yang menjadi kepala sekolahnya.

27. Ayah kepala sekolah bertugas menentukan visi pengasuhan bagi anak sekaligus
mengevaluasinya. Selain itu, juga membuat nyaman suasana sekolah yakni ibunya.

28. Jika ayah hanya mengurusi televisi rusak, keran hilang, genteng bocor di dalam rumah, ini bukan ayah ‘kepala sekolah’ tapi ayah ‘penjaga sekolah’.

29. Ibarat burung yang punya dua sayap. Anak membutuhkan kedua-duanya untuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah ayah dan ibunya.

30. Ibu mengasah kepekaan rasa, ayah member makna terhadap logika. Kedua-duanya
dibutuhkan oleh anak.

31. Jika ibu tak ada, anak jadi kering cinta. Jika ayah tak ada, anak tak punya kecerdasan logika.

32. Ayah mengajarkan anak menjadi pemimpin yang tegas. Ibu membimbingnya menjadi pemimpin yang peduli. Tegas dan peduli itu sikap utama.

33. Hak anak adalah mendapatkan pengasuh yang lengkap. Ayah terlibat, ibu apalagi.

34. Mari penuhi hak anak untuk melibatkan ayah dalam pengasuhan. Semoga negeri ini tak lagi kehilangan ayah.

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.