in

Senyum yang Menyehatkan

Senyum lebih baik daripada cemberut. Saat Anda ada masalah, pasti mukanya terlihat murung dan cemberut. Boleh saja, tapi jika ada orang lain Anda harus tersenyum ya. Karena jika tidak, nanti orang lain nyangka yang tidak-tidak loh. Dan ternyata setelah diteliti lebih lanjut, senyum juga dapat menyehatkan anggota tubuh kita.

Rasulullah, SAW bersabda, “Senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi).

Subhanallah… Allah memberikan kemudahan yah bagi kita semua untuk beramal baik, tak perlu harus kaya dulu baru kita bisa bersedekah, ternyata senyum pun bisa menjadi sedekah bagi kita semua. Secara logika, kita bisa memahami hadits tersebut. Bukankah ketika seseorang diberikan sedekah orang itu akan bahagia ketika mendapatkan sesuatu dari kita? Nah, begitu pula ketika kita tersenyum kepada orang lain, orang itu akan merasa bahagia dan itu adalah sebuah sedekah bagi kita. Menyenangkan bukan?

Menurut dr. Zainal, ternyata senyum tidak hanya membuat wajah lebih manis dan sedap dipandang. Dengan tersenyum, aliran darah lebih lancar sehingga otomatis detak jantung lebih tenang. Tingkah laku manusia diatur oleh sistem saraf otonom yang terdiri dari 3 komponen. Pertama, saraf vagus yang beperan untuk kegiatan sosial. Kedua saraf simpatik yang berfungsi untuk mobilitas. Dan terakhir saraf vagus yang fungsi utamanya untuk bicara dan menelan, disamping fungsi tambahan lain. Jika kita marah, maka saraf simpatik yang akan bekerja. Akibatnya akan timbul efek jelek buat tubuh. Tubuh jadi mudah lelah, daya tahan menurun, dan kinerja organ-organ tubuh termasuk jantung terganggu fungsinya.

Bayangkan saja, jika anda sudah berdandan cantik, tapi pelit sekali memberikan senyuman apakah masih enak dipandang?

Setelah kita telusuri manfaat senyum lebih jauh, ternyata banyak sekali ya manfaat senyum. Disamping menggembirakan hati kita, menyenangkan hati orang lain, menyehatkan tubuh (terutama jantung) ternyata juga bisa bernilai ibadah. Jadi, jangan pelit-pelit tersenyum ya. [po]

What do you think?

Written by

Jodoh Takan Tertukar

Kisah Jenazah Ditemani Ular