Sering Lupa? Atasi dengan Cara Ini

, Sering Lupa? Atasi dengan Cara IniMengingat adalah kemampuan yang pasti dimiliki setiap orang. Namun, kemampuan otak untuk mengingat perlahan bisa mengalami penurunan dan berbeda bagi setiap orang. Hal ini kadang baru disadari ketika seseorang sudah sulit mengingat nama, wajah, nomor telepon, tanggal ulang tahun, dan barang-barang yang perlu dibeli.

Banyak hal yang bisa menyebabkan menurunnya kemampuan mengingat, seperti kekurangan nutrisi untuk otak, ketidakseimbangan senyawa kimia di otak, usia, tak pernah menghafal al-Qur’an, dan pernah memiliki pengalaman, pemikiran, perasaan yang membuat penurunan kemampuan otak, misalnya stres berat atau trauma.

Menurut Ayurveda, teknik pengobatan alternatif dari India, beberapa hal perlu dilakukan sebelum daya ingat menurun tajam. Salah satunya adalah perubahan-perubahan kecil pada pola makan.

Perubahan pola makan itu, antara lain:
– Makan lebih banyak sayuran segar dan organik
– Makan wortel dan bit setiap hari
– Konsumsi lebih banyak kacang atau minyak almond
– Hindari makanan yang terlalu pedas dan berbau
– Hindari alkohol, kafein, gula buatan, dan makanan berat seperti daging dan keju
– Minum susu sapi lebih banyak
– Tambahkan lebih banyak bumbu alami seperti lada dan kunyit ke dalam masakan
– Seringlah menghafal ayat al-Qur’an

Selain itu, perubahan gaya hidup juga mampu memperbaiki kemampuan daya ingat. Dimulai dengan berolahraga untuk meningkatkan aliran darah ke otak, serta membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh.

Latihan otak juga dapat juga dilakukan seperti mengerjakan game otak, kuis, membaca atau aktivitas lain yang merangsang kerja otak. Tidur cukup dan menghindari stres juga perlu dilakukan sebisa mungkin. [Sumber: islampos/natgeo/kps]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.