Setelah Tarbiyah, Jadi Kesepian Bagaimana Mengatasinya?

0

 

, Setelah Tarbiyah, Jadi Kesepian Bagaimana Mengatasinya?Assalamualaikum.

Bunda, saya akhwat yang baru-baru ini ikut tarbiyah. Sebelum tarbiyah, saya lebih sering bergaul dengan lelaki. Tapi sekarang tentu sudah tak mungkin lagi bergaul dengan mereka. Yang mau saya tanyakan, kenapa saya sekarang justru merasa terasing? Jika ada teman ikhwah justru saya tidak merasakan hal seperti itu. Bagaimana solusinya?

AKHWAT

 

AKHWAT,  sebenarnya wajar apa yang sedang kamu rasakan itu. Kenapa pasal? Di mana-mana juga kalau kita masuk ke dalam sesuatu yang baru akan merasa asing dan sendirian dulu. Apalagi waktu dulu kamu gaulnya dengan golongan-golongan lelaki, dan betul lho, mulai sekarang kamu musti membatasi diri kalau lagi bergabung dengan mereka.

Supaya perasaan terasing itu sedikit demi sedikit itu hilang, ya mau tak mau kita musti lebih sering berinteraksi dengan komunitas tarbiyah juga. Jika di kampus atau kerja tak ada, ya kita musti nyari ke tempat-tempat lain. Percaya deh, komunitas seperti ini banyak di zaman sekarang.

JIka masih kesusahan juga, coba saja tanya ustadzah kamu, kemana aja dan sama siapa saja kamu bisa dan musti bergaul.

Trus Akhwat, jangan mentang-mentang sudah tarbiyah, jangan juga meninggalkan orang-orang di masa lalu kamu. Justru kita musti makin menoba mendekati mereka, karena toh jelas, mereka juga kan obyek dakwah. Kita punya akses yang lebih terhadap mereka dan ini bisa kita gunakan lho. []

 

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline