Shalat Berjama’ah Bagi Wanita, Apa Hukumnya?

1

, Shalat Berjama’ah Bagi Wanita, Apa Hukumnya?Shalat berjamaah itu pahalanya lebih banyak dibanding dengan shalat munfarid. Jadi, usahakan bila kita shalat harus dilaksanakan secara berjamaah. Shalat berjamaah bagi kaum pria wajib hukumnya. Lalu bagaimana dengan kaum wanita?

Apabila kaum wanita melaksanakan shalat berjama’ah yang diimami oleh seorang wanita maka sebagian ulama memandang baik, hal ini berdasarkan beberapa riwayat diantaranya riwayat dari Raithah Al Hanafiyah :

“Bahwasanya Aisyah pernah mengimami wanita-wanita pada salah satu shalat wajib, dan beliau berdiri di antara mereka,” (HR. Daraquthni).

Diriwayatkan daripada Ummu Salamah,

“Bahwasanya beliau (Ummu Salamah, istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam) mengimami para wanita; beliau berdiri di tengah (shaf),” (HR. Abdur Razzaq dan Al Baihaqi).

Berkata Syeikh Jibrin hafizahullah: “Ada pun shalat berjama’ah bagi wanita maka hal tersebut tidak mengapa dan bagi wanita yang memimpin shalat tersebut berdiri di shaf ma’mum, namun mereka tidak mendapatkan keutamaan shalat berjama’ah sebagaimana yang diperolehi oleh kaum lelaki yang melaksanakan di masjid, dan tidak dibenarkan bagi seorang lelaki untuk meninggalkan shalat berjama’ah di masjid dengan alasan akan melaksanakannya secara berjama’ah di rumahnya bersama-sama dengan keluarga atau kaum wanita kerena mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat fardhu adalah wajib bagi lelaki,” (Lihat Fatawa Islamiyah 1:363). [cw]

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
  1. Ammah berkata

    Maksudnya untuk wanita menurut Syeh Jibrin itu apa? apakah wanita lebih baik sholat munfaridz?

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline