Shalat Tarawih, Shalat Sunah dengan Segala Keutamaannya

0

Bulan Ramadhan tiba! Salah satu momen yang paling dinanti adalah shalat tarawih. Apa itu shalat tarawih? Shalat tarawih merupakan shalat sunah yang dijalankan di bulan Ramadhan. Berdasarkan sejarahnya, awal mula shalat tarawih ini di awali di zaman Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam di mana ketika itu Rasul pergi ke masjid untuk menjalankan shalat malam. Namun seiring berjalannya waktu ternyata semakin banyak umat Islam di zaman Rasulullah yang juga ingin ikut menjalankan shalat malam berjamaah di masjid ketika bulan Ramadhan, maka sejak saat itulah shalat tarawih dijalankan oleh umat muslim. Meskipun tidak wajib, namun shalat tarawih ini hukumnya sunnah muakkad atau sangat dianjurkan untuk dijalankan.

Biasanya ketika bulan Ramadhan ini orang-orang muslim berbondong-bondong pergi ke masjid untuk menjalankan shalat tarawih berjamaah. Tak heran, kehangatan dan kebersamaan begitu terasa di bulan Ramadhan karena eratnya tali silaturahmi ketika melakukan shalat tarawih berjamaah di masjid. Lalu, selain itu apa saja sih keutamaan menjalankan tarawih di bulan Ramadhan? Berikut ini dia jawabannya:

  • Diganjar pahala yang setara dengan shalat semalam suntuk. Menurut hadis riwayat Ahmad, disebutkan bahwa “Sesungguhnya jika seseorang shalat bersama imam hingga imam selesai, maka ia di hitung mendapatkan pahala shalat di sisa malamnya”. Dengan kata lain, shalat tarawih berjamaah di masjid maka pahalanya akan sama seperti melakukan shalat hingga semalam suntuk.
  • Memeriahkan bulan Ramadhan dan merekatkan ukhuwah Islamiyah. Menjalankan shalat tarawih berjamaah di masjid akan menambah keceriaan di bulan Ramadhan, karena semua orang Islam yang berpuasa dari mulai anak-anak hingga orang tua pun berbondong-bondong pergi ke masjid untuk shalat berjamaah.
  • Mendapat pahala ketika berjalan ke masjid. Dalam hadis shahih dari Abu Dawud dan Tirmidzi disebutkan bahwa “Berjalan di dalam kegelapan malam menuju masjid dengan cahaya yang akan diperolehnya pada hari kiamat”.

Dalam HR. Muslim juga disebutkan “Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat seperti yang telah Allah wajibkan kepadanya, maka setiap langkah kakinya menghapus satu dosa dan langah satunya mengangkat satu tingkat derajatnya”.

  • Sarana pembelajaran. Sebelum atau setelah shalat tarawih, biasanya imam atau khatib akan menyampaikan kultum atau ceramah siraman rohani pada jamaah, sehingga tentu shalat tarawih di masjid bisa menjadi salah satu tempat untuk meningkatkan ilmu agama yang dimiliki
  • Baik untuk kesehatan. Ketika shalat tarawih, tubuh akan bergerak sesuai dengan gerakan-gerakan shalat yang ternyata sangat menyehatkan.

Selain beberapa poin di atas, masih banyak keutamaan shalat tarawih lainnya. Pada dasarnya, shalat tarawih di bulan Ramadhan tidak hanya menjadi sebuah ibadah namun juga menjadi masa-masa yang tentu akan sangat dirindukan dari bulan Ramadhan.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline