Suami Anda Kasar? Temukan Penyebabnya!

0

suami istri 1Menjalin rumah tangga tentu dilakukan oleh suami dan istri. Namun, dalam mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah tidaklah mudah. Akan ditemukan beberapa persoalan rumah tangga, yang terkadang membuat salah satu atau keduanya merasa dikecewakan, hingga akhirnya terjadi pertentangan. Salah satu persoalan itu hadir dari pihak suami.

Apakah suami Anda sering bersikap kasar pada Anda? Jika ya, apakah Anda pernah mencari tahu mengapa ia seperti itu? Nah, berikut ada beberapa alasan yang membuat suami bersikap kasar pada istri.

1. Watak suami yang memang kasar

Terkadang sebelum menikah, laki-laki tidak akan memperlihatkan kekurangan yang ia miliki. Hal ini dilakukan untuk menarik simpati calon istrinya. Nah, barulah setelah menikah, perlahan demi perlahan hal itu terlihat. Sikap kasar yang disembunyikan sebelum menikah mulai terlihat dan Anda mulai merasakan hal itu. Biasanya jika suami sudah memiliki watak ini, sulit sekali bagi Anda untuk mengubahnya.

2. Sikap istri yang menjengkelkan

Ada beberapa faktor yang membuat suami bersikap kasar pada istri, karena istrinya itu sendiri yang menjengkelkannya. Di antaranya:

a. Istri selingkuh.

b. Istri selalu berkata bohong.

c. Apa yang dikerjakan istri selalu salah, misalnya dalam memasak, membersihkan rumah atau hal lain yang semisal dengan itu.

d. Tidak bisa menyimpan uang dengan baik, yakni senang hidup boros atau menghabiskan uang, misalnya belanja hal-hal yang bukan termasuk kebutuhannya.

e. Tidak bersikap baik pada keluarga suami, khususnnya mertuanya.

f. Tidak hormat pada suami.

g. Tidak mengurus anak dengan baik.

3. Perkataan istri yang menyakiti hati suami

Ada beberapa perkataan istri, baik yang disadari maupun tidak hingga membuat hati suami menjadi sakit. Kata-kata itu seperti:

a. Kata-kata itu membuat suami merasa direndahkan.

b. Hubungan suami istri sampai merenggang. Akibatnya, ketika istri mengatakan sesuatu yang tak enak, cenderung bersikap menekan suami.

c. Sindiran yang disertai sikap merendahkan itu berlangsung secara periodik. Sehingga, suami menjadi tertekan dan tidak percaya diri.

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab suami bersikap kasar kepada istri. Fakta membuktikan bahwa penyebab terbanyak itu datang dari sisi sang istri. Maka, sebagai seorang istri, kita harus mampu menjaga perasaan dan menghormati serta tunduk patuh pada suami. Agar hal yang tidak diinginkan menimpa suami atau bahkan diri Anda sendiri pun terjadi. Wallahu ‘alam. []

Sumber: Disarikan dari Hj. Eti Sumiati, pemimpin pengajian Al-Istiqamah Purwakarta Jawa Barat

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline