Suami Gemuk, Anak Juga Bisa Ikutan Gemuk

, Suami Gemuk, Anak Juga Bisa Ikutan Gemuk

Suami Anda gemuk? Tidak masalah sih sepanjang itu sehat. Tapi tahukah Anda jika seorang ayah gemuk cenderung akan “menularkan” kegemukannya pada anak Anda. Mengapa?

Beberapa peneliti di Universitas Newcastle, Australia mendapati fakta bahwa anak gendut empat kali lebih mungkin mengikuti jejak ayah mereka dibandingkan dengan mereka yang memiliki ayah berkategori bobot tubuh biasa aja. Namun anehnya, menurut penelitian itu, jika ibu yang lebih gemuk, sama sekali tidak memiliki dampak yang sama.

Belum diketahui alasan mengapa ayah yang gendut memiliki dampak sedemikian rupa.

Para ilmuwan itu melakukan studi terhadap 3.000 keluarga Australia antara 2004 dan 2008 untuk studi panjang. Mereka meneliti berat tubuh anak-anak tersebut ketika berusia empat sampai lima tahun lalu, kemudian meneliti lagi ketika mereka memasuki usia delapan dan sembilan tahun.

Hasilnya? 25 persen anak Australia kelebihan berat atau gemuk. Dia menilai ayah bertubuh gemuk yang berusaha menurunkan berat badan akan ikut menyumbang dampak positif bagi (berat badan) generasi muda.

Nah, jadi jangan heran jika suami Anda gemuk, anak Anda pun ikut-ikutan gemuk. Yang paling penting, jaga kesehatan. [Xinhua]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.