Hati-hati, Suara Serak Akibat Radang Tenggorokan (2-Habis)

0

Gejala lain yang juga sering muncul pada penderita radang tenggorok ini antara lain, demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher dan peningkatan jumlah sel darah putih.

Ditambahkannya, yang perlu diwaspadai pada radang tenggorokan adalah apabila demam yang terjadi tidak segera turun meski sudah diberikan obat. Dahak yang berlebih, batuk-batuk yang tidak berhenti. Komplikasi yang mungkin timbul pada radang tenggorok ini secara langsung bisa menyebabkan otitis media, laryngitis, bronchitis dan pneumonia. Sedangkan secara tidak langsung, kuman atau bakteri bisa terbawa aliran darah sehingga bisa ke ginjal menyebabkan nefritis, lari ke perut menyebabkan peritonitis, bisa juga sampai ke otak yang menjadi meningitis dan bisa pula ke seluruh tubuh.

Baca Juga

Vitamin yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Sedangkan penanganan radang tenggorok ini tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya virus, bisanya bisa sembuh sendiri.

Penderita hanya perlu vitamin dan asupan makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan jika yang menyebabkan adalah bakteri maka pemberian antibiotik akan diperlukan untuk melumpuhkan bakterinya. Apabila panas atau demamnya lebih dari 38,5 derajat celcius, dan disertai pembesaran tonsil ini salah satu tanda ada bakteri di dalamnya, tetapi juga masih perlu dilakukan suap tenggorok untuk memastikannya. [sumber: joglosemar]

HABIS

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.