Subhanallah, ASI Lindungi Bayi dari Virus HIV

, Subhanallah, ASI Lindungi Bayi dari Virus HIV

Tak ada yang bisa menggantikan ASI (Air susu ibu) untuk bayi. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Ini adalah fakta tak terbantahkan yang sudah lama terbukti secara ilmiah. Dan kini penelitian semakin menguatkan manfaat ASI.

Menurut peneliti dari Duke Medicine, zat dalam ASI dapat menetralisir HIV dan memungkinkan bayi tak tertular HIV dari ibu yang sudah terinfeksi virus. Mengapa begitu? Ternyata, protein yang bertanggung jawab ini disebut Tenascin-C atau TNC. Tipe protein ini sebelumya sudah diakui sebagai penyembuh luka, namum belum diketahui memiliki sifat antimikroba. Penemuan ini berpotensi sebagai strategi terbaru dalam pencegahan HIV.

Dalam laporan Journal Proceedings of the National Academy of Sciences dijelaskan bahwa protein TNC dalam ASI dapat mengikat dan menetralkan HIV dan berpotensi melindungi bayi dari kemungkinan terinfeksi virus ini.

Diperkirakan ada 330.000 anak di seluruh dunia pada tahun 2011 yang tertular HIV dari ibu mereka selama kehamilan atau kelahiran, atau melalui proses menyusui. Data itu berdasar laporan resmi UNICEF.

Luar biasa ya ciptaan Allah SWT soal ASI ini? [science daily]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.