Suka Lapar Ketika Musim Hujan, Ini Sebabnya

, Suka Lapar Ketika Musim Hujan, Ini SebabnyaSuka mudah lapar saat musim hujan seperti sekarang? Tahukah Anda apa yang membuat kita cepat lapar saat musim hujan?

Saat musim hujan sudah datang, angin kencang dan udara dingin akan lebih sering kita rasakan bahkan seharian diisi oleh gerimis hujan tanpa sinar matahari. Cuaca dingin cenderung membuat kita malas beraktivitas, lebih asyik tidur di kamar sambil nonton tv. Udara dingin juga berdampak pada peningkatan penggunaan kalori oleh tubuh, untuk mendapatkan kalori lebih banyak makan metabolisme juga akan meningkat.

Baca Juga

Cara Penyembelihan Hewan Qurban

Seluruh bagian tubuh kita mulai sel, jaringan, dan organ memiliki sistem otomatis dalam mengatur semua sistem untuk tetap berada dalam keadaan normal. Pada saat musim hujan udara jelas lebih dingin secara langsung ini mempengaruhi suhu tubuh, suhu tubuh yang dalam keadaan normal berkisar antara 36.5 – 37.2 derajat celsius akan ikut turun. Untuk itu secara otomatis tubuh akan berusaha menjaga suhu tubuh tetap normal dengan membuat lebih banyak kalori melalui proses metabolisme.

Metabolisme meningkat saat musim hujan akan membuat kita cepat lapar karena kalori yang dihasilkan dalam proses metabolisme bersumber dari makanan, inilah penyebab mengapa saat hujan atau cuaca dingin kita lebih sering makan. Makanan yang menghasilkan banyak kalori sangat dianjurkan untuk dimakan saat musim hujan seperti lemak, protein, dan karbohidrat.

Untuk mengurangi metabolisme yang berlebihan [hemat energi] saat musim hujan atau cuaca dingin gunakan pakaian yang hangat agar suhu tubuh tetap berada dalam tingkatan yang normal sehingga tidak membutuhkan banyak kalori dari metabolisme. Jika ingin kegiatan yang lebih menyenangkan saat musim hujan bersilaturahim mislanya, sambil bakar ubi rame-rame ditambah minuman hangat dijamin suasana musim hujan jadi lebih seru ketimbang nongkrong sendiri di kamar sambil nonton tv. [ds/islampos/emingko]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.