Sunnah-Sunah yang Dapat Dilakukan Saat Idul Adha

0

Hari raya Idul Adha sebentar lagi, apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambutnya? Selain mulai mencari binatang ternak untuk dikurbankan, ada beberapa sunnah yang dapat dilakukan untuk menyambut hari raya tersebut. Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan sunnah tersebut namun belum mengetahui sebenarnya sunnah apa saja yang bisa dilakukan, di sini kami bahas mengenai hal tersebut. Bagi Anda yang sudah tidak sabar, berikut adalah sunnah yang dapat Anda lakukan saat hari raya Idul Adha datang.

Sunnah pada Idul Adha

  1. Mengumandangkan takbir

Seperti halnya saat hari raya idul fitri datang, kita juga disunnahkan mengumandangkan takbir saat hari raya Idul Adha datang. Adapun waktu kita disunnahkan mengumandangkan takbir adalah pada saat memasuki 9 Dzulhijjah sampai dengan pada saat ashar 13 Dzulhijjah. Anda bisa melakukan takbir dimana saja Anda berada.

  1. Mandi dan memakai pakaian terbaik

Sebelum berangkat menuju tempat shalat ied pada hari raya Idul Adha, kita disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Selain itu, memakai pakaian terbaik juga disunnahkan. Pakaian terbaik tidak harus pakaian baru. Pakaian terbaik adalah pakaian terbersih dan paling cocok dipakai untuk shalat. Setelah itu, Anda dapat berjalan kaki menuju tempat shalat ied. Hal tersebut lebih utama.

  1. Makan saat setelah shalat ied

Setelah shalat ied dilakukan, Anda disunnahkan makan. Pada saat hari raya Idul Adha dan 3 hari setelahnya yaitu hari tasyrik, kita tidak diperbolehkan melaksanakan puasa.

  1. Menyembelih hewan kurban

Menyembelih hewan kurban tentunya menjadi sunnah yang sudah pasti banyak dilakukan oleh banyak umat Islam saat Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan saat hari raya Idul Adha sampai dengan 3 hari setelahnya. Daging dapat dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Itu tadi beberapa sunnah yang dapat Anda lakukan untuk menyambut Idul Adha. Sunnah merupakan kegiatan ibadah yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat apa-apa. Anda dapat mengerjakan ke semua jika Anda mampu. Terutama untuk berkurban. Jika Anda memiliki cukup harta, Anda dapat menyisihkan sebagian harta Anda untuk berkurban.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline