Tanda-Tanda Anak Sehat

 

, Tanda-Tanda Anak SehatSiapa tak ingin punya anak sehat? Anak merupakan harta tak ternilai bagi kita. Anak akan menjadi generasi penerus keturunan untuk keluarga. Tentu kecerdasan dan pertumbuhan yang sehat menentukan apakah sebuah keluarga memiliki generasi yang berkualitas atau tidak. Tapi tidak semua orang memahami apa saja ciri anak yang tumbuh sehat dan cerdas. Inilah 10 tanda anak bergizi baik.

1. Bertambah umur, bertambah berat, bertambah tinggi
Anak yang sehat bisa dilihat dari tinggi dan berat badan yang tumbuh secara seimbang sesuai umurnya. Tidak terlalu gemuk juga tidak terlalu kurus. Juga tidak pendek terus.

Kondisi ini ditentukan oleh :
Kecukupan nutrisi makro (4 sehat 5 sempurna) untuk mendukung ketersediaan karbohidrat, lemak, dan protein
Kecukupan nutrisi mikro berupa kalsium, seng (zinc), yodium, fosfor, vitamin D, dan magnesium

2. Postur tubuh tegap dan otot padat
Raba dan pegang secara cermat tubuh anak Anda. Sudahkah memenuhi kriteria ini? Jika belum, berarti anak Anda kekurangan vitamin D dan kalsium. Nutrisi ini ada pada ikan, brokoli, dan susu sapi murni. Walau pun jumlah yang masuk ke dalam perut anak belum bisa memenuhi angka ideal. Jika ingin mendapatkan asupan yang cukup ideal tentu Anda sangat dianjurkan untuk memberikan produk-produksi nutrisi ekstraksi seperti AA Children Calcium.

3. Rambut berkilau dan kuat
Kekurangan mineral zinc, protein, vitamin C dan D akan mengakibatkan rambut anak Anda kemerahan, mudah rontok, kusam dan tipis. Untuk mengatasi gangguan ini Anda bisa memberikan produk Zinc Capsules dan Spirulina Capsules

Nutrisi makro yang bisa diberikan setiap hari adalah daging sapi, telur, kacang-kacangan, dan produk kedelai. Walau pun kandungannya tidak selengkap Zinc Capsule dan Spirulina tapi setidaknya bisa mengurangi kekurangan gizi yang berlebihan

4. Kuku dan kulit bersih, tidak pucat, tidak bersisik, dan tidak kering
Jika anak Anda mengalami gangguan pada kuku dan kulit berarti anak Anda kekurangan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini ada pada ikan, kuning telur, sayuran dan buah-buahan berwarna kuning dan jingga. Termasuk di dalamnya terdapat betakaroten sebagai zat anti oksidan (anti penuaan dini)

5. Wajah ceria, mata bening, dan bibir segar
Anak bergizi baik selalu ceria, tidak mudah marah, dapat beradaptasi dengan lingkungan dan orang asing, mudah berkomunikasi, tidak pemalu, suka berteman, dan kulit wajah lembut. Wajah ceria dan kulit wajah lembut berkaitan dengan kecukupan vitamin C dan E. Anak bergizi baik juga memiliki mata yang bersinar, jernih serta dapat melihat dengan baik. Ini berkaitan dengan asupan vitamin A dan C. Bibir lembab dan segar berkaitan dengan kecukupan vitamin E dan mineral seng (zinc). Anak yang bibirnya pecah-pecah dan sariawan menandakan ada masalah kekurangan vitamin E dan mineral zinc.

6. Gigi bersih dan gusi merah muda
Anak bergizi baik memiliki gigi kuat, utuh dan bersih. Gusi berwarna merah muda berkilat. Jadi tidak diselubungi warna putih, tidak pucat, apalagi berdarah. Anak juga memiliki lidah yang bersih dan segar. Kondisi sehat ini berhubungan dengan kecukupan asupan niasin, asam folat, riboflavin dan vitamin B12.

7. Nafsu makan baik dan BAB teratur
Sekali saja anak Anda terpapar penyedap rasa (monosodium glutamate) yang banyak terdapat dalam jajanan dan mie instant, maka banyak resiko yang harus dia tanggung. Yaitu gangguan pada kelenjar tiroid (amandel dan gondok), melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan beresiko menderita diabetes di waktu yang akan datang. Selain itu fungsi pengecap rasanya pun akan terganggu. Tidaklah heran jika anak Anda mudah sakit, rewel, gangguan emosi dan memilih makanan. Hampir bisa dipastikan dia tidak suka dengan sayuran. Padahal sayuran berperan penting untuk tubuh salah satunya agar anak bisa BAB teratur. 1 hari tidak BAB sama dengan menyimpan 24 batang rokok. Jadi Anda sudah bisa membayangkan apa efek buruk dari masalah BAB yang tidak teratur ini.

Selain masalah serat, nafsu makan dan BAB teratur berkaitan dengan kecukupan mineral zinc dan kalsium. Kalsium tidak hanya untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Yaitu menjaga kehidupan bakteri positif di usus dan tetap menjaga otot-otot usus tetap aktif bergerak mengolah makanan dan mengeluarkan kotoran sisa metabolisme. Kandungan nutrisi pada Spirulina Capsules juga mengalahkan berbagai jenis sayuran.

8. Bergerak aktif dan berbicara lancar sesuai umurnya
Fungsi motorik anak yang sehat bisa dilihat jika dia bergerak aktif sesuai umurnya. Bergerak lincah dan bermain, berbicara lancar sesuai umur. Untuk mendapatkan kondisi sehat seperti ini anak Anda harus cukup asupan nutrisi makro, zat besi, seng (zinc), vitamin B dan yodium. Selain itu mineral kalsium juga sangat dibutuhkan. Kalsium berperan penting untuk elastisitas dan kekuatan otot polo dan otot rangka, syaraf otak dan sinyal syaraf (neuro transmitter), menghaluskan gerakan motorik, dll. Badan sakit dan pegal adalah salah satu tanda jika anak kekurangan kalsium

9. Penuh perhatian dan bereaksi aktif
Anak cerdas memiliki sikap penuh perhatian, rasa ingin tahu, berinteraksi baik dengan sekitar, bereaksi aktif dan berprestasi. Kondisi ini dapat dicapai jika dia mendapatkan kecukupan asupan nutri makro dan mikro terutama yodium, zat besi, seng, asam lemak omega-3 dan omega-6. Nutrisi ini dapat dipenuhi oleh produk AA Children Calcium, Zinc Capsules dan Spirulina Capsules

10. Tidur nyenyak
Kecukupan nutrisi makro dan nutrisi mikro menjamin sel-sel tubuh tumbuh dengan baik, otak dan syaraf tumbuh sehat, dan metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Kondisi ideal ini berpengaruh langsung terhadap tidur yang berkualitas. Tidur merupakan waktu ideal untuk bertumbuhnya tubuh dan sel-sel otak. [berbagai sumber]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.