Tanda-tanda Anak Sudah Baligh

0

, Tanda-tanda Anak Sudah BalighSebagai  orangtua memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak adalah suatu keharusan. Mengapa? Karena dengan begitu, orang tua akan mudah untuk membantu dan mengarahkan sang buah hati kepada arah yang semestinya (jalan terbaik sesuai syariat Islam).

Tumbuh kembang anak akan mempengaruhi tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi anak yang sudah memasuki usia baligh. Ia akan cenderung berperilaku lebih dewasa, dan saat inilah ia akan mulai tertutup kepada Anda. Oleh sebab itu, kenalilah tanda-tanda baligh pada anak Anda. Apa sajakah itu?

1. Dengan sempurna berumur lima belas tahun untuk laki-laki dan perempuan.

2. Dengan keluar air sperma (dengan cara apa pun, umunya dengan bermimpi), juga untuk laki-laki dan perempuan, dengan syarat telah mencapai umur sembilan tahun dengan hitungan tanggal Qomariyyah (Hijriyyah).

3. Dengan mengeluarkan darah haid untuk perempuan dengan syarat telah berumur sembilan tahun dengan hitungan tanggal Qomariyyah (Hijriyyah).

Itulah tanda-tanda yang biasanya dilupakan oleh orang tua terhadap anaknya. Padahal, hal tersebut harus pula diperhatikan sebagai tolak ukur pertumbuhan sang anak. Memang pada poin kedua, biasanya cukup sulit bagi Anda untuk mengetahuinya, tapi Anda dapat melihat dari usia sang anak.

Mengetahui apakah anak sudah baligh atau tidak dapat membantu Anda untuk menyesuaikan diri dalam beradaptasi dengannya. Karena anak yang sudah baligh dengan yang belum baligh terdapat perbedaan dalam berperilaku. Maka, jangan sampai kita salah bertindak terhadap anak. Karena anak biasanya lebih sensitif terhadap orang tua yang tidak mengerti keadaannya.

Banyak anak yang salah sangka kepada kedua orangtua. Sehingga, tak sedikit anak yang lebih percaya kepada orang lain, terutama teman dekatnya daripada orangtua dalam mencurahkan isi hatinya. Maka, sebagai orangtua, Anda harus lebih selektif lagi, agar anak tidak segan atau pun sungkan untuk terbuka kepada Anda. []

Sumber: Fiqh Ibadah Praktis dan Mudah/Karya: KH. Ust. Yahya Abdul Wahid Dahlan Al-Mutamakkin/Penerbit: Islamic Fiqh Centre (IFC) Semarang

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.