in

Tiga Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Siapa tidak punya masalah soal keuangan? Bahkan mereka yang punya banyak uang pun tetap harus mengatur keuangan agar tidak timbul masalah. Nah, apalagi orang-orang dengan keuangan yang tidak terlalu luar biasa.

Masalah mengatur keuangan tentu bisa terjadi karena pengelolaannya. Ada beberapa hal yang tampaknya sepele dan agak diabaikan ketika mengatur keuangan. Berikut beberapa di antaranya:

Kurang Waktu dalam Mengelola Keuangan

Cobalah mempriotaskan waktu untuk mengatur keuangan. Jika tidak punya waktu sepulang dari kantor karena lelah, coba jadwalkan pengelolaan keuangan pada hari Sabtu atau Ahad.

Isilah dua hari ini dengan membayar semua tagihan, dan mencatat pengeluaran selama seminggu ini. Selalu ingat, semakin Anda menunda hal ini, semakin sulit Anda menjadikan pembukuan keuangan sebagai kebiasaan Anda.

Malas Mencatat dalam Mengatur Keuangan

Malas mencatat keuangan? Kembali lagi mengenai hal sepele yang mungkin kita lewatkan, seperti pengeluaran untuk beli pulsa yang kadang berlebihan, atau membeli majalah. Ada cara praktis untuk melacak kemana perginya uang Anda, cobalah trik “amplop”. Gunakan satu amplop saja untuk pengeluran mingguan atau bulanan Anda. Dengan itu kita akan mengetahui berapa yang kita habiskan dalam seminggu atau sebulan. Tapi ingat, batasi pengeluaran sebanyak uang yang terdapat dalam amplop.

Utang; Baik atau Tidak?

Sebagian banyak orang kalau mendengar kata “utang” pasti sudah menghakimi, kalau utang itu buruk dan negatif. Takut berutang kadang-kadang bisa membuat kamu kehilangan kesempatan. Namun terlalu banyak berutang, apalagi jika utang tersebut melebihi kemampuan untuk dibayar, malah bisa mengakibatkan kekacauan dalam kondisi keuangan kita. Intinya, utang akan menghancurkan hidup seseorang, jika kita tidak bisa memenejnya. []

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Comments are closed.

One Comment

Ketika Allah Menjawab Keluhan Kita

Seberapa Penting Fiiqih Tentang Wanita?