Tips : Bila Berlibur Naik Bis Bareng Anak

0

Liburan panjang menjadi momen liburan keluarga yang paling ditunggu-tunggu. Berbagai moda transportasi digunakan sebagai pilihan untuk liburan. Salah satu yang paling sering digunakan ialah bus. Lalu, bagaimana tips liburan menggunakan bus supaya tetap nyaman bersama anak?

  1. Persiapkan obat-obatan
    Anak belum memiliki Ketahanan fisik  sekuat orang dewasa. Anak-anak akan rentan virus atau bakteri yang bertebaran di sekelilingnya. Maka dari itu, kita wajib membekali diri dengan obat-obatan umum yang mungkin dibutuhkan nantinya. Seperti minyak kayu putih, obat anti mabuk, dan obat demam.

2. Pemilihan tempat duduk
Anak lebih mudah bosan dibanding orang dewasa pada umumnya. Maka untuk menyiasati hal tersebut, sebaiknya anak diberikan tempat duduk dekat jendela. Hal ini untuk menghindari kejenuhan anak dan mengurangi ketidaknyamanan akibat bersentuhan dengan orang-orang di lorong bus.

3. Siapkan baju hangat
Jika kita berkendara pada malam hari, pastikan anak tidak kedinginan dan masuk angin ya. Bekali anak dengan jaket dan kaus kaki yang nyaman agar dia bisa beristirahat selama dalam perjalanan.

4. Siapkan baju ganti
Musim liburan panjang biasanya menyebabkan lalu lintas menjadi lebih padat bahkan macet. Selain rewel dan bosan, kegerahan juga harus kita perhatikan nih. Pastikan anak nyaman dengan pakaian yang dia kenakan selama perjalanan ya. Siapkan baju ganti dan tisu basah untuk memudahkan kita saat berganti pakaian. Jangan sampai anak merasa tidak nyaman karena bekas muntahan atau makanan yang tercecer di bajunya.

5. Siapkan mainan kegemaran anak
Selain makanan, hal yang harus kita persiapkan ialah mainan atau buku bacaan kegemaran anak. Benda-benda ini sejenak akan menghilangkan kepenatan anak yang hanya duduk berjam-jam dalam bus. Maka ketika sampai di tujuan, anak menjadi lebih segar dan siap menyambut liburannya dengan gembira.

6. Persiapkan makanan kecil
Perjalanan panjang yang kita tempuh menggunakan bus akan memicu rasa lapar. Memang, pada saat-saat tertentu bus akan berhenti pada rumah makan atau tempat istirahat lain. Tapi, kita tidak bisa meminta bus untuk berhenti setiap saat bukan? Makanya, sediakan makanan kesukaan anak dalam tas yang mudah kita jangkau  . Jadi ketika anak mulai rewel dan bosan, kita bisa mengalihkannya dengan memberikan makanan kecil pada mereka.

Tuntas sudah  tips liburan menggunakan bus kali ini, semoga dapat memantu anda berlibur.

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.