Tips Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Insomnia terkadang membuat kita kesal. Mengapa demikian? Karena saat waktunya kita tidur, kita malah sulit untuk tidur. Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia? Berikut penjelasannya:

1. Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia.

2. Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal.

3. Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur, cahaya yang redup dan tidak berisik.

4. Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.

5. Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Alternatif lain untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan terapi hipnosis atau hipnoterapi.

6. Bagi kita seorang Muslim, jangan lupa tilawah Quran adalah obat paling mujarab untuk mengobati susah tidur. Jika tidak percaya, cobalah baca 1 juz Quran saja sebelum ke pembaringan, insya Allah, Anda akan segera lelap. [bw]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.