Tips Menjalani Program Hamil Saat Ramadhan

0

Masa kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu. Terlebih lagi untuk Anda para pasangan pengantin baru yang mendambakan momongan. Namun bagaimana cara menjalankan program hamil saat Ramadhan? Saat Ramadhan merupakan saat yang paling ditunggu oleh umat muslim. Namun, pada saat Ramadhan, dengan kondisi sedang hamil muda tidaklah mudah sehingga diperlukan kiat-kiat khusus agar tetap dapat menjalankan puasa meski sedang hamil. Bagi para calon Bunda yang sedang mengandung namun tetap ingin berpuasa, inilah tips-tips agar puasa tetap lancar meskipun sedang menjalani program hamil pada saat bulan suci Ramadhan.

  • Usia kandungan.

, Tips Menjalani Program Hamil Saat Ramadhan
usia kandungan

Untuk bisa ikut puasa di bulan Ramadhan meskipun sedang menjalani program hamil saat Ramadhan, Anda harus memperhatikan usia kandungan Anda terlebih dahulu. Kehamilan yang berada di usia awal seperti 1 hingga 4 bulan belum disarankan untuk berpuasa. Karena pada usia ini janin masih sangat lemah sehingga membutuhkan banyak asupan nutrisi. Selain itu pada usia kehamilan sudah berada di usia 5 hingga 9 bulan, Anda susah diperbolehkan untuk puasa. Pada usia kehamilan ini, janin sudah cukup kuat sehingga jarang terjadi efek samping yang membahayakan. Kondisi si Ibu juga sudah cukup membaik karena tidak mengalami mual saat hamil.

  • Makanan Saat Hamil

Baca Juga

10 Cara Bangun Keluarga Sakinah (1)

, Tips Menjalani Program Hamil Saat Ramadhan
Buah-buahan ( dw )

Bagi para bunda yang tetap ingin mencoba ikut berpuasa, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi saat berpuasa. Pastikan tidak mengesampingkan asupan nutrisi untuk si calon buah hati. Agar tetap merasa kenyang dan tidak mudah lemas, sebaiknya saat sahur dan buka ibu hamil mengkonsumsi daging, baik daging sapi, ayam maupun yang lainnya yang mengandung tinggi protein. Protein merupakan zat yang baik untuk tubuh. Selain itu, protein memiliki masa pencernaan yang cukup lama sehingga ibu hamil bisa tetap merasa kenyang. Protein juga sangat baik untuk ibu hamil yang ingin berpuasa. Kandungan protein juga sangat dibutuhkan pada saat hamil. Karena selain sebagai asupan nutrisi, protein juga berfungsi untuk pembentukan janin.

  • Kurangi Aktivitas

, Tips Menjalani Program Hamil Saat Ramadhan
Ibu Hamil istirahat ( KL )

Sebagai seorang istri, Bunda tentu memiliki segudang aktivitas baik dalam melayani suami hingga mengerjakan pekerjaan rumah. Saat hamil, pastikan tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang berat. Sehingga bisa mendukung kelancaran saat menjalani program hamil saat ramadhan. Aktivitas-aktivitas yang terlalu padat selain dapat mengurangi tenaga saat menjalankan puasa, ibu akan merasa mudah lelah, lemas, yang bahkan bisa memicu terganggunya kesehatan bunda. Sehingga tidak disarankan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang cukup berat. Karena dapat membahayakan kondisi janin dan kondisi ibu juga.

Nah, itulah beberapa tips untuk ibu hamil yang menjalani program hamil saat ramadhan. Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, Anda bisa tetap menjalani puasa meskipun dalam keadaan mengandung.

Artikel Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.