Tips Perawatan Rambut Panjang

, Tips Perawatan Rambut Panjang

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Untuk kita para muslimah, walau di luar kita mengenakan jilbab yang lebar, namun di rumah, rambut kita jaga untuk suami dan diri sendiri tentu saja. Nah, jangan mentang-mentang kalau di luar ditutup, rambut tidak kita rawat. Jika Anda memiliki rambut panjang, tentu harus dirawat dengan perawatan ekstra.

Untuk mendapatkan rambut hitam berkilau, lembut, dan indah panjang tergerai, berikut ini nih tips perawatan rambut panjang yang bisa kita coba:

Gunakan jari-jari untuk mengurai rambut panjang kita yang kusut dengan hati-hati saat setelah bangun tidur.

Jika menggunakan sisir, maka sebaiknya kita memilih sisir yang bahan dasarnya terbuat dari dari kayu. Kemudian sisir rambut kita dengan lembut, dan lanjutkan dengan merapikan rambut dengan tangan jika masih ada yang kurang pas tatananya.

Saat keramas, gunakan selalu kondisioner. Caranya dengan mengaplikasikan kondisioner di bagian batang, kemudian menuju ujung rambut, karena memang bagian inilah yang paling membutuhkan kondisioner. Jangan menggunakan kondisioner di kulit kepala ya, karena ini hanya akan membuat rambut panjang kita terlihat lepek.

Lakukan perawatan rambut panjang dengan lebih intensif minimal sebulan sekali, misalnya dengan melakukan creambath, memberikan masker rambut dan dilanjutkan dengan pemberian vitamin rambut. Hal ini penting agar kilau rambut panjang kita tetap terjaga dengan baik.

Sisirlah rambut terlebih dahulu jika kita hendak keramas. Tujuannya adalah agar rambut panjang kita tidak terlalu kusut dan memudahkan dalam penataan rambut.

Hindari terlalu seringnya menggunakaan alat-alat listrik untuk menata rambut panjang anda, misalnya hairdryer dan catok, namun apabila terpaksa menggunakan alat-alat tersebut, jangan lupa lindungi rambut anda dengan perawatan yang baik.

Jika anda hoby berenang, jangan lupa gunakan selalu produk yang dapat mencegah dan mengurangi kerusakan rambut akibat sinar matahari maupun air yang mengandung kaporit.

Perhatikan pertumbuhan rambut panjang anda, apabila pertumbuhannya tergolong cepat, jangan lupa untuk memotong ujung-ujung rambut setiap 2 bulan sekali, namun jika cenderung lambat, boleh memotong ujung-ujungnya setiap tiga bulan sekali.

Apabila ingin mengganti model rambut karena anda sudah merasa bosan dengan tatanan rambut panjang tetapi masih ragu karena belum menemukan model cocok, maka cobalah memotong rambut sampai sebatas bahu dahulu. Ini menghindari agar anda tidak merasa kaget dengan perubahan drastis akibat penampilan rambut baru tersebut. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.