Tradisi Munggahan dan Menu Makanan Munggahan

0

Indonesia merupakan negara dengan banyak suku bangsa dengan banyak budaya. Berbagai macam kebiasaan, adat, dan budaya berbeda-beda di tiap daerah di Indonesia. Salah satu tradisi budaya yang masih diselenggarakan masyarakat Sunda adalah tradisi Munggahan. Sebagian dari Anda pasti masih asing dengan tradisi satu ini. Munggahan adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Sunda dan Betawi untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Bagi masyarakat Sunda, tradisi ini merupakan tradisi turun temurun dan selalu dilakukan sebagai slah satu wujud suka cita menyambut bulan Ramadhan yang mulia. Pada satu hari menjelang bulan Ramadhan, bahkan mereka yang sedang dalam perantauan menyempatkan pulang untuk turut melakukan kegiatan tradisi satu ini.

 

Munggahan dijadikan sebagai salah satu ajang untuk silahturahmi bersama keluarga dan sebagai ajang kumpul bersama kerabat. Hal inilah yang membuat banyak orang menyempatkan pulang kampung 1 hari sebelum Ramadhan untuk turut melaksanakan tradisi ini. Dalam acara ini ada rangkaian acara makan bersama-sama. Menu makanan Munggahan yang disajikan biasanya adalah makanan khas. Ya, dari banyaknya rangkaian acara yang dilakukan saat melaksanakan tradisi Munggahan, yang paling berkesan dan paling ditunggu adalah kegiatan makan bersama. Bahkan karena adanya tradisi makan bersama ini, banyak kantor yang juga mengadakan acara Munggahan bersama teman-teman karyawan satu kantor untuk menjaga kedekatan dan kerjasama tim yang solid. Lokasi makan bersama biasanya diadakan di kawasan lapang yang menjadi favorit warga, misalnya saja area tanah lapang di tepi sungai atau area persawahan, dan berbagai tempat favorit lainnya. Hal ini yang menjadikan acara Munggahan salah satu acara yang dirindukan dan memiliki kenangan tersendiri.

 

Menu yang disajikan sendiri biasanya adalah hasil ternak dan perikanan warga. Adapun beberapa menu klasik yang disediakan dalam acara Munggahan ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Nasi liwet disajikan panas dengan lauk yang menggoda.
  2. Di antara lauk tersebut yang paling favorit adalah ikan bakarnya.
  3. Lalapan khas Sunda.
  4. Sambal dadak yang khas.

Selain menu klasik tersebut, beberapa warga juga memasak makanan yang lebih mewah dari biasanya untuk menyambut bulan penuh berkah ini. Biasanya nasi akan diletakkan di atas daun pisang dan dimakan bersama-sama dengan keluarga lengkap dengan berbagai pilihan lauk yang menggoda. Anda akan merasakan kebersamaan yang kental saat melakukan tradisi Munggahan ini.

 

Menu Munggahan dan acara makan bersama yang menjadi rangkaian acara Munggahan menjadi salah satu hal yang sangat menarik. Berbagai macam menu masakan khas sunda dapat Anda nikmati. Tradisi ini sangat kental kaitannya dengan kebersamaan keluarga sehingga menjadi momen yang dapat dikenang dan menjadi salah satu hal yang membuat rindu kampung halaman. Tidak heran masih sangat banyak masyarakat yang melestarikan budaya ini.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline