Umat Kristen Mesir Juga Senang Saat Ramadhan

0

 

cairoMesir, negara berpenduduk mayoritas Muslim itu memiliki cerita tersendiri di bulan penuh berkah ini. Tradisi-tradisi ramadhan, Seperti buka bersama, membangunkan warga untuk sahur dengan drum dan membeli hiasan lentera untuk anak-anak.

Memiliki populasi penduduk sekitar 83 juta atau 90% masyarakat muslim Sunni dans isanya adalah orang Kristen, adalah kesempatan bagi warga muslim untuk saling berbagi dan menghormati terhadap sesama ataupun sebaliknya.

Diana Ashraf, apoteker, mengatakan sebagai non-Muslim, ia selalu menunggu Ramadhan seperti halnya kalangan Muslim. “Aku tumbuh dan besar di lingkungan Islami. Mereka baik padaku,” ungkap dia seperti dikutip onislam.net.

Ahsraf mengatakan menjadi tradisi keluarganya untuk bersilaturahim ke setiap tetanggannya yang Muslim. Tetangganya yang Muslim, lalu mengajak keluarganya untuk berbuka puasa bersama. Pada kesempatan lain, giliran keluarganya mengajak tetangga untuk berbuka puasa bersama.

“Namun, hal yang paling mengesalkan selama Ramadhan adalah aku selalu terjebak macet. Sebab, selama Ramadhan malam hari seolah siang hari, aktivitas begitu padat,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, saat menghadapi kemacetan, tiba-tiba saja seseorang pernah memberinya sebotol air mineral.

Lain halnya cerita Karim Ayman, mahasiswa Kedokteran Gigi, Satu hal yang berkesan bagi Karim selama Ramadhan, ketika di jalan-jalan raya, orang-orang membagikan air putih dan kurma bagi pengendara yang terjebak macet ketika waktu berbuka tak lama lagi tiba. Pernah ia mendapat air dan kurma, ia sempat bingung karena dirinya seorang non-Muslim.

“Saya juga pernah memberikan sebotol air mineral kepada seseorang yang masih di jalan ketika magrib tiba. Saya merasa iba pada mereka yang telah berpuasa selama 15 jam. Saya merasa itu  adalah dorongan manusiawi yang membuat saya melakukannya,” tuturnya. []

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline