Ummi, Ini Pentingnya Sentuhan untuk Bayi

, Ummi, Ini Pentingnya Sentuhan untuk BayiOrang tua tentunya sangat menginginkan anaknya menjadi anak yang Shaleh. Dan itu merupakan kewajiban kita sebagai orang tua. Karena seorang anak yang jadi nasrani, yahudi dan majusi adalah tergantung orang tuanya. Begitu juga anak kita. Pilihan ada pada diri kita, mau dibentuk menjadi apakah anak-anak kita kelak.

Mari kita renungkan sejenak, kenapa bayi kucing setelah beberapa hari dapat berdiri namun berbeda dengan bayi manusia?. Bayi manusia perlu 1 tahun untuk bisa berdiri. Itu karena dalam bayi manusia terdapat otak yang pada masa 0 sampai 2 tahun sedang tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Usia bayi saat 0 hingga 2 tahun memerlukan stimulus yang positif dari orang tuanya. Karena dalam otak bayi tersebut terjadi sambungan kurang lebih 1, 8juta per detik. Mungkinkah terjadi sambungan jika kita hanya membiarkan mereka?

Setiap tahunnya ada bagian otak yang sedang berkembang. Tiap periode, bagian otak yang berkembang itu letaknya berbeda-beda. Hal ini sering dikenal dengan siklus 9 tahunan. Perkembangan otak manusia dibagi menjadi beberapa periode sembilan tahunan. Periode sembilan tahun pertama adalah saat bayi berusia 0 – 9 tahun.

Pada tahun pertama, yang berkembang pada bayi adalah otak kiri bagian dalam. Pengetahuan tentang nama-nama adalah hal yang paling penting pada periode ini. perbanyaklah berbicara dengan nya karena otaknya sedang haus dengan vocabulary baru. Jika pada tahun pertama ini bayi tidak sering diajak bicara justru memperlambat perkembangan otak kiri bagian dalamnya.

Terkadang terlihat lucu jika kita sebagai orang tua berbicara dengan bayi. Sebagian berkata, apakah bayi akan mengerti?. Padahal dengan mengajak bayi berbicara artinya orang tua telah memberi stimulus positif bagi perkembangan otak kirinya.

Pada tahun kedua, pertumbuhan bayi berganti program. Pada umur dua tahun, bayi mulai belajar tentang perasaan dan kasih sayang. Pada tahun ini berilah limpahan kasih sayang yang cukup karena limbik kanan bagian luar sedang tumbuh membesar. Bentakan dan kekerasan pada umur ini akan membekas dan melukai hatinya. Ajak ia untuk berinteraksi lebih sering. Interaksi dengan orang lain terutama yang sebayanya. Kemampuan komunikasi non verbal pada umur dua tahun ini begitu penting untuk pembesaran otaknya.

Oleh karena itu kita sebagai orang tua jangan sampai menyianyiakan waktu kebersamaan kita dengan si kecil. []

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.