Usia Berapa Anak Boleh Membawa Kendaraan?

0

 

, Usia Berapa Anak Boleh Membawa Kendaraan?Tentu sekarang ini kita tengah menyimak berita Dul, putra Ahmad Dhani yang mengalami kecelakaan di jalan Tol Jagorawi. Ahmad Dhani seorang musisi terkenal di negeri ini karena pernyataan-pernyataannya yang kerap dianggap kontroversial oleh sebagian pihak. Yang menjadi sorotan adalah, Dul masih berusia 13 tahun namun sudah mengemudikan mobil waktu dini hari.

Sebenarnya, di negara kita, anak usia tanggung seperti Dul mengemudi kendaraan bukan hal yang aneh. Di sekeliling kita juga tampaknya banyak.

Namun memang, ada yang perlu kita ketahui bersama soal ini. Tentu, ketika pihak keamanan menggariskan usia 17 sebagai usia yang boleh mengemudikan kendaraan bukannya tanpa alasan.  Pada usia 17 tahun, otak kanan manusia baru bisa berfungsi baik.

Di usia tersebut, kepekaan dan kepedulian anak akan sesuatu hal semakin besar. Seperti kita ketahui, otak kanan  berfungsi sebagai analisis dan prediksi. Pengendara kendaraan yang sudah berusia 17 tahun diharapkan mampu memprediksi jarak antara satu kendaraan dengan yang lainnya.

Selain itu, di usia tersebut, seseorang juga mampu memprediksi apa yang akan terjadi ketika mengemudikan kendaraan dalam kecepatan tinggi, dan mempunyai kontrol emosional yang baik.

Maka, coba lihat anak kita. Usia berapa, dan apakah sudah mengendarai kendaraan juga? []

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.