in

Waduh, Google Bikin Kita Bodoh?

muslimah laptopPastilah kita, ketika berselancar di internet, mencari sebuah informasi, otomatis yang terpikir adalah membuka laman Google.

Ternyata, hasil studi yang diterbitkan di jurnal riset Science menyatakan, Google membuat orang makin bodoh. Kesimpulan ini berdasar hasil studi ‘Google Effects on Memory: Cognitive Consequenses of Having Information at Our Fingertips’ yang dilakukan Betsy Sparrow dari Columbian University yang meneliti kapan dan cara akses ingatan Transactive.

Seperti diketahui, beberapa situs populer merupakan penggali data (mesin pencari seperti Google atau Yahoo) atau penyimpan data (seperti Wikipedia atau IMBD). Pada situs-situs ini, jumlah data yang dihasilkan tiap tahunnya meningkat secara eksponen.

Artinya, tak ada satu orang pun mampu mengetahui segala hal tentang suatu hal seperti era kuno. Mampu mengekspor pengetahuan dan mengingatnya kapan pun, berarti Anda mampu melepaskan lebih banyak kekuatan otak untuk melakukan hal-hal penting, termasuk berpikir dan kreatifitas, yang membutuhkan lebih dari sekadar kapasitas penyimpanan.

Lebih lanjut, terlalu sering menggunakan situs seperti Google akan membuat otak tak terlatih dan membuat kemampuannya melambat. Lha? [Sulber: paling seru]

What do you think?

Written by

Writer di Rumah Keluarga Indonesia

Comments are closed.

One Comment

  1. Setiap zaman berbeda tantangan, era kuno dan era kini berbeda tantangan dalam mengatasi masalah kehidupan, meskipun masalah prinsip hidup itu tetap, tapi masalah ilmu dan teknologi berbeda tantangan. Sehingga daya kemampuan otak sdh tdk lagi disita memory hafalan (kecuali bagi penghafal qur’an — hal ini tetap sangat penting). Yang dominan dalam tantangan era kini adalah daya ingat, daya kreasi & innovasi dlm segala hal selain masalah prinsip hidup.

Arti Idul Fitri Sebenarnya

Ini Ketika Jima Dinilai Sebagai Ibadah