Wah, Putih? Obati Deh! (1)

0

, Wah, Putih? Obati Deh! (1)

Keputihan adalah hal yang sangat wajar pada wanita. Keputihan sebenarnya adalah hal yang wajar apabila berlangsung secara normal. Karena pada vagina perempuan dewasa terdapat bakteri yang disebut Basil Doderlein. Bakteri “baik” ini membuat lingkungan vagina bersifat asam yang berfungsi sebagai proteksi terhadap kemungkinan infeksi karena berbagai hal, misalnya bersarangnya jamur, bakteri predator, virus, dan lain sebagainya. Di samping itu, vagina juga mengeluarkan cairan yang juga berfungsi sebagai pelindung terhadap berbagai infeksi.

Nah, cairan pelindung yang normal ini biasanya bersifat encer, bening, tidak berbau, dan tidak menimbulkan gatal. Inilah yang disebut dengan keputihan normal. Keputihan normal ini hanya muncul pada saat saat tertentu saja, misalnya : saat menjelang menstruasi, sesudah menstruasi, saat kelelahan, stress emosional, atau saat terangsang seksual (saat berhubungan badan).

Keputihan sendiri artinya keluarnya cairan yang berlebihan dari alat kelamin (vagina). Vagina normalnya memang memproduksi cairan buat menjaga kelembaban, membersihkan dari dalam, dan menjaga keasaman vagina karena di situ banyak mengandung bakteri-bakteri menguntungkan. Selama keseimbangan bakteri yang menguntungkan itu bagus, tentu aja infeksi pada organ reproduksi cewek ini bisa dicegah dengan obat keputihan.

Nah, oleh sebab itu sebenarnya keputihan wanita tuh ada dua macam, yaitu keputihan vagina yang normal dan wanita keputihan yang enggak normal yang bisa dicegah dengan obat vagina. Jadi, kita tak perlu bingung dulu kalau merasa mengidap vagina keputihan. Siapa tahu ini termasuk keputihan wanita normal kan?

Keputihan yang normal
Cara gampang mengenal adanya keputihan vagina dengan merasakan adanya cairan yang lebih banyak dari biasanya. Keputihan normal biasanya terjadi sebelum menstruasi atau setelah menstruasi. Bisa juga terjadi pada masa subur, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi. Keputihan normal terjadi karena perubahan hormon-hormon seksual cewek (hormon estrogen dan progesteron). Biasanya cairan yang keluar tuh warnanya bening, enggak lengket, enggak berbau, enggak gatal dan biasanya juga enggak keluar terus-menerus.

Keputihan tidak normal
Keputihan tidak normal atau patologis bisa terjadi karena infeksi bakteri, jamur, virus, atau mungkin karena proses radang karena alergi, bisa diobati dengan obat keputihan wanita. Keputihan patologis ini gejalanya antara lain keluar cairan banyak dan terus-menerus dari vagina, bisa dicegah dengan obat keputihan vagina. Cairan tidak jernih, berwarna putih, kuning, sampai kehijauan, bisa diobati dengan keputihan obat. Terasa gatal, berbau tidak enak sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, obati dengan obat keputihan wanita. Bila tanda-tanda tersebut itu terjadi, berarti kita harus pergi ke dokter. Nanti dokter akan ngasih obat keputihan wanita keputihan yang tepat

Keputihan dapat disebabkan oleh banyak hal di antaranya : kurang gizi, kurang terjaganya kebersihan sehingga menimbulkan jamur atau parasit. Selain itu bisa juga disebabkan oleh benda benda yang dimasukkan secara sengaja atau tidak sengaja ke dalam liang vagina misalnya pembalut atau alat konntrasepsi.

BERSAMBUNG

 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline