Wanita Muslimah, Haid, dan Puasa

0

 

, Wanita Muslimah, Haid, dan PuasaHaid merupakan karunia dari Allah SWT untuk kaum wanita. Bagaimana jika haid di bulan Ramadhan—tentu saja di luar tidak boleh berpuasa dan tidak boleh shalat?

Bulan puasa tidak menghalangi seorang muslimah yang sedang haid untuk menjalankan ibadah kecuali yang dilarang oleh Allah. Jika bulan Ramadhan datang, sedangkan seorang muslimah sedang haid, maka ia harus tinggalkan puasa Ramadhan, shalat, membaca Al Qur’an dengan niatan ibadah.

Nah apa yang bisa dilakukan muslimah yang sedang haid di kala bulan Ramadhan yang penuh dengan kemulian tersebut? Banyak kok. Diantaranya :

  1. Menerima keputusan Allah dengan lapang dada, tanpa ada rasa iri karena ia tidak bisa berpuasa seperti halnya orang-orang yang lain.
  2. Membaca buku-buku yang bermanfaat : buku tafsir, buku fiqih, buku sirah dll, yang bisa menghasilkan manfaat buat di rinya dan keluarganya.
  3. Mendengarkan kaset Al Qur’an, kaset ceramah agama.
  4. Berdzikir dan berdoa, walaupun berasal dari ayat-ayat Al Qur’an.
  5. Mengerjakan hal-hal yang bermanfaat, dan tidak membuang-buang waktu ataupun menggunakannya untuk hal-hal yang laghwu atau sia-sia. []
 Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline