Wisata ke Saung Angklung Udjo: Seru, Unik, dan Edukatif

0

Pergi wisata, siapa sih yang tidak suka kegiatan satu ini? Tidak hanya menjadi momen penting untuk menghilangkan stres, berwisata juga bisa menjadi momen family time yang sangat efektif. Namun, tentu alangkah lebih baik jika wisata ini tidak hanya sekadar jalan-jalan melainkan juga disertai dengan penambahan wawasan yakni misalnya dengan berkunjung ke tempat wisata edukatif. Bicara tentang objek wisata, Bandung adalah lokasi yang kaya akan objek wisata edukatif salah satunya adalah Saung Angklung Udjo. Nah destinasi satu ini tidak hanya cocok untuk jadi destinasi wisata keluarga, namun juga cocok untuk field trip, atau liburan bersama orang-orang terdekat.

Apa itu Saung Angklung Udjo?

Tempat ini merupakan objek wisata edukatif, di mana sesuai namanya bahwa tempat ini begitu identik dengan alat musik khas Jawa Barat yakni Angklung. Tempat ini dibangun oleh seorang seniman Sunda bernama Udjo dan istrinya yang merasa khawatir akan eksistensi angklung, terutama di Jawa Barat. Hal ini lah yang kemudian memotivasi Udjo untuk membuat sebuah sanggar seni permainan angklung sekaligus menjadi tempat cagar budaya Jawa Barat. Saung Angklung Udjo menjadi tempat wisata yang wajib disinggahi bagi Anda yang ingin mengintip keindahan budaya Sunda. Tidak hanya disuguhkan dengan orkestra angklung, di tempat ini pengunjung juga akan dimanjakan dengan penampilan drama pewayangan, dan di akhir acara pengunjung juga akan diajak untuk bersama-sama memainkan alat musik angklung. Sangat menyenangkan bukan?

Jadwal Pertunjukan

Ketika singgah ke Saung Angklung Udjo ini disarankan untuk hadir di jam-jam pertunjukannya agar bisa menikmati aneka pertunjukan yang unik dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Biasanya, jadwal pertunjukan pertama akan dimulai di jam 10 pagi sampai jam setengah 12 siang. Kemudian berlanjut ke jadwal berikutnya di jam 13.00, jam 15.30, dan kloter terakhir yakni di jam 18.00. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa pertunjukan yang bisa disaksikan di Saung Angklung Udjo ini, ada arumba, wayang golek, hingga helaran atau ritual jaipongan yang dilakukan sebagai tanda syukur. Salah satu hal yang paling menarik di Saung Angklung Udjo ini adalah pengunjung akan diberikan masing-masing satu buah angklung, dan kemudian bersama-sama memainkannya sehingga akan terasa seperti orkestra angklung besar-besaran.

Jika Anda tertarik untuk berlibur di tempat wisata edukatif ini, langsung saja datang ke Jalan Padasuka 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Bandung. Tidak hanya ada pertunjukan budaya yang mengasyikan, Saung Angklung Udjo juga menyediakan fasilitas tambahan lainnya seperti saung dapur Udjo, pusat produksi angklung, pusat oleh-oleh khas Jawa Barat, dan tentunya dekorasi tempat yang unik dan begitu khas. Jangan lupa membawa kamera ya saat singgah ke sini dan rasakan keseruan liburan menikmati budaya khas Sunda yang begitu kental.

  Artikel Terkait

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

you're currently offline