Wow, 30 Kali Mengunyah? (1)

, Wow, 30 Kali Mengunyah? (1)Salah satu fungsi gigi adalah untuk mengunyah dan menghancurkan makanan tak kebayang bila kita tidak mempunyai gigi sepertinya setiap makanan yang masuk akan langsung ditelan dan zat yang tidak manfaat dimuntahkan kembali. Wow, seperti ular ya.

Tapi di sini kita tidak akan membahas tentang ular tapi tentang hal yang kecil kadang tidak jadi pusat perhatian oleh kita, padahal hal ini begitu penting bagi kesehatan kita, ya itulah cara mengunyah. Makanan yang dikunyah dengan baik, lebih baik bagi pencernaan daripada bubur. Ada banyak keuntungan lain dari mengunyah dengan baik, keuntungan yang terbesar adalah menghemat enzim pangkal.

Jika saya mengunyah makanan biasa, makanan itu akan menjadi sangat lembek dan dapat melalui kerongkongan tanpa banyak kesulitan. Akan tetapi, saat menyantap makanan yang keras atau makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik, jika kita mengunyah sebanyak 70-75 kali, maka efeknya, tubuh manusia yang dibangun oleh kelenjar saliva akan mengeluarkan lebih banyak air liur seiring semakin banyaknya seseorang mengunyah, dan arena air liur dapat bercampur baik dengan asam lambung dan air empedu, proses pencernaan pun berlangsung dengan lancer.

Dinding usus manusia dapat menyerap zat-zat hingga sebesar 15 mikron (0,015 milimiter), dan apa pun yang lebih besar daripada ukuran itu akan diekskresikan. Oleh karena itu, jika Anda tidak mengunyak dengan baik, sebagian besar makanan yang Anda makan akan terbuang tanpa terserap.

Ketika mendengar hal ini, wanita-wanita muda sering berkata, “Jika makanan tidak terserap, berat badan saya tidak akan naik, bukankah itu bagus?” keadaannya tidaklah sesederhana itu. Pembusukan dan fermentasi abnormal terjadi di dalam usus jika makanan tidak tercerna dan terserap, sama halnya dengan konsumsi berlebihan. Pembusukan menghasilkan berbagai macam racun, yang menghabiskan sejumlah besar enzim.

Terlebih lagi, karena perbedaan yang besar antara tingkat penyerapan makanan yang mudah dicerna dan makanan yang sulit dicerna, bahkan jika sudah menyantap makanan yang seimbang, Anda masih bisa kekurangan beberapa nutrisi tertentu. Terutama dengan adanya bahaya kehilangan nutrisi yang hanya tersedia dalam jumlah sedikit.

Belakangan ini, terjadi peningkatan jumlah orang yang berat badannya meningkat akibat asupan kalori yang berlebihan, tetapi masih kekurangan nutrisi esensial. Hal ini biasanya disebabkan oleh menu makan sehari-hari yang tidak seimbang ditambah dengan kesulitan mencerna dan ketidakmampuan melakukan penyerapan, yang disebabkan oleh pengunyahan yang tidak baik.

BERSAMBUNG

 

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.