Wow, Ternyata Perempuan Harus Lebih Banyak Minum Air Putih

, Wow, Ternyata Perempuan Harus Lebih Banyak Minum Air Putih

Air merupakan zat gizi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena air bertugas sebagai pelarut, katalisator, pengatur suhu tubuh dan penyedia mineral dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 hingga 10 liter atau 1,5 hingga 2 liter per harinya.

Ternyata, kebutuhan minum air putih laki-laki dan perempuan berbeda. Perempuan membutuhkan lebih banyak air daripada laki-laki. Mengapa begitu? Ini dikarenakan perempuan mempunyai panjang saluran kemih yang lebih pendek dari pada yang dipunyai oleh laki-laki. Karena hal tersebut, perempuan lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak dibanding laki-laki. Dengan begitu, air akan membantu ginjal mengeluarkan bakteri dari saluran kemih dan mengurangi resiko infeksi kandung kemih.

Ada juga beberapa alasan mengapa perempuan membutuhkan lebih banyak air putih, hal ini dikemukakan dalam hasil penelitian Alison Goldman, editor Women’s Health magazine.

1. Menurunkan berat badan

Pelaku diet dewasa yang meminum sebotol air sebelum makan selama 12 minggu akan kehilangan berat badan lebih banyak daripada diet yang tidak minum air terlebih dahulu sebelum makan.

2. Mencegah penyakit ginjal

Orang yang mengonsumsi paling banyak cairan memiliki risiko penyakit ginjal kronis lebih rendah dibanding yang sedikit minum air.

3. Lari jadi cepat dan aman

Dalam sebuah penelitian 2011, 14 pelari menyelesaikan dua set putaran. Salah satu pelari meminum air yang cukup selama istirahat. Satu pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata, pelari yang minum air selama istirahat, dapat berlari lebih cepat. Selain itu, ia memiliki suhu tubuh yang lebih rendah dan jantung yang berdetak sehat.

4. Menjaga mood

Perempuan yang terkena dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang memburuk, dan kesulitan berkonsentrasi. Secara medis, air putih bisa mengatasinya.

Selain itu, dengan meminum air putih secara teratur akan menjadikan kulit tidak mudah kusam karena kinerja aliran darah kapiler akan maksimal. Kulit tidak kusam dan badan tetap sehat? Siapa yang tidak menginginkannya? Yuk muslimah, banyak minum air putih! [vemale]

Artikel Terkait
Anda mungkin juga berminat

Ruangan komen telah ditutup.